Padi Mulai Menguning, Sinyal Bahlil Lanjut jadi Menteri ESDM di Era Prabowo

Bahlil-menteri-esdm.jpg
(Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

RIAU ONLINE - Sinyal akan melanjutkan jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di pemerintahan Prabowo-Gibran kembali diberikan Bahlil Lahadalia.

Bahlil menyebut 20 Oktober 2024 kian dekat. Meski tidak memastikan dirinya kembali masuk kabinet, Bahli mengatakan bahwa kehidupannya bak air mengalir.

Ia mengaku tiadk pernah menetapkan target dalam hidupnya, mulai dari sekolah di kampung terpencil, lalu berkuliah di perkotaan, hingga merantau ke Jakarta untuk bisnis dan politi.

Terkait kepastian dirinya diangkat menjadi Menteri ESDM, dia menyebut hal itu merupakan hak prerogatif Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Jadi saya seperti air mengalir aja. Semua urusan saya serahkan ke Allah SWT dan presiden terpilih. Tapi rasanya padi mulai menguning," ucap Bahlil dalam sambutannya di acara ESDM Fun Run dan Fun Walk, Minggu, 13 Oktober 2024, dikutip dari kumparan.


Bahlil juga berkelakar bahwa nuansa warna Kementerian ESDM serasi dengan Partai Golkar, yaitu kuning.

"Kalau bisa kuningnya dipertebal lagi. Itu dalam rangka menjaga warna-warna ESDM agar tidak luntur dengan warna-warna yang lain," tuturnya.

Di akhir masa jabatan Kabinet Indonesia Maju, Bahlil menitipkan permintaan kepada Presiden Jokowi untuk menaikkan tunjangan khusus pegawai Kementerian ESDM, dan sudah disetujui.

"Alhamdulillah sedikit lagi sudah mulai paraf. Sudah diparaf, dan sebelum tanggal 18 sudah selesai urusan ini semua," ungkapnya.

Adapun Bahlil baru dilantik menjadi Menteri ESDM pada 19 Agustus 2024, alias hanya menjabat selama kurang lebih 2 bulan sebelum masa jabatan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin rampung pada 20 Oktober 2024.