Dua Menko Ditunjuk Jadi Plt Mendes PDTT dan Menaker

Abdul-Halim-Iskandar-dan-Ida-Fauziyah.jpg
(ANTARA/Yashinta Difa/aa)

RIAU ONLINE - Dua menteri Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengundurkan diri sebelum dilantik menjadi anggota DPR RI Terpilih dalam Pemilu 2024.

Kedua menteri tersebut adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

Dikutip dari ANTARA, Selasa, 1 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo telah menunjuk dua Menteri Koordinator sebagai Pelaksana tugas dalam dua jabatan yang ditinggalkan tersebut.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis mengatakan, Presiden menunjuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Mendes PDTT.


Selain itu, Presiden juga menunjuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Menteri Ketenagakerjaan.

Ari mengatakan, Presiden telah menyetujui pengunduran diri Abdul Halim dan Ida Fauziah.

Presiden juga telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian dengan hormat kedua menteri itu, disertai ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdiannya selama memangku jabatan di Kabinet Indonesia Maju.