Personel Polisi Terlibat Pengamanan Pilkada Wajib Jalani Tes Kesehatan

Ilustrasi-polisi.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Polri wajibkan anggota yang akan terlibat dalam upaya pengamanan Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 melalui tes Kesehatan.

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan, hal ini peril dilakukan untuk meminimalkan risiko terhadap anggota.

"Yang lolos pemeriksaan kesehatan baru diberikan rekomendasi boleh terlibat langsung di dalam seluruh rangkaian pengamanan pilkada," kata Irjen Dedi, dikutip dari ANTARA, Senin, 30 September 2024.

Irjen Dedi mengatakan, seluruh personel yang bertugas harus dipastikan dalam kondisi prima dan mampu melaksanakan pengamanan. 


Tujuan dilakukannya tes Kesehatan ini adalah untuk mencegah serta menekan potensi personel Polri jatuh sakit atau meninggal dunia.

Tak hanya tes kesehatan secara fisik, personel yang terlibat pengamanan pilkada juga harus menjalani pemeriksaan psikologi.

"Jadi kondisi personel yang ditugaskan harus betul-betul sehat. Kami memitigasi jangan sampai terjadi fatalitas seperti tahun-tahun atau pemilu sebelumnya," tuturnya.

Dia menyampaikan, berkaca dari pengamanan Pilpres serta Pileg, para personel Polri khususnya yang bertugas di lapangan bersemangat dan berjibaku menjalankan tugas meski harus melintasi medan dengan berbagai tantangan. 

“Oleh sebab itu semangat para personel perlu diimbangi kondisi prima,” pungkasnya.