KPK Bakal Kirimi Surat ke Kaesang Pangarep Soal Jet Pribadi

Kaesang-dan-erina-turun-dari-jet-pribadi.jpg
(X/Istimewa)

RIAU ONLINE - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, bersama istrinya Erina Gudono diduga menikmati fasilitas private jet yang diberikan oleh pengusaha. Alhasil, Kaesang dan istri menuai sorotan dalam beberapa hari terakhir.

Kaesang bersama Erina menggunakan pesawat jet dengan tail number N588SE ke Amerika Serikat pada pertengahan Agustus 2024. Pesawat itu milik perusahaan besar asing yang beroperasi di Indonesia.

Belakangan, video lain muncul di media sosial yang memperlihatkan Kaesang dan Erina turun dari jet pribadi. Diduga jet itu sedang mendarat di Bandara Adi Soemarno, Solo.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut turun tangan. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pihaknya akan mengirimkan surat ke Kaesang untuk mengklarifikasi penggunaan fasilitas jet pribadi itu.

"Ini mekanisme, prosedur biasa saja yang berlaku di KPK, ya. Kalau ada informasi dari masyarakat, kami biasanya mengundang. Jadi, kalau terkait dengan laporan-laporan penerimaan-penerimaan, lewat Direktorat Gratifikasi dan Kedeputian Pencegahan, kami mengundang," ujar Alex dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat, 30 Agustus 2024, dikutip dari kumparan.

"Suratnya sedang dikonsep, surat undangan, apakah nanti apa, saya tidak tahu posisi yang bersangkutan saat ini ada di mana," jelas dia.



Meski begitu, Alex berharap Kesang terlebih dahulu juga mendeklarasikan sendiri terkait penerimaan fasilitas jet pribadi itu. Hal ini juga diminta disertai dengan bukti.

"Kami, sih, berharap ketika melakukan deklarasi atau apa pun disertai bukti dong. Misalnya, 'Oh enggak, saya bayar sendiri, ini loh bukti transfernya'," tutur Alex.

Ia menjelaskan bahwa hal itu perlu dilakukan agar pertanyaan dan keresahan publik dapat terjawab.

"Jadi apa? clear dong. Nah, hal seperti itu yang sebetulnya tidak sekadar dideklarasikan, tapi juga tolong dong kan buktinya," kata dia.

"Jadi, supaya masyarakat yang mempertanyakan, membuat media sosial dua hari ini sangat ramai, itu juga menjadi tercerahkan, oh ya udah kalau itu dibayar, uang pembayaran ada dan seterusnya, kalau bagian dari fasilitas usaha, ya selesai, seperti itu," pungkasnya.

Sementara itu, Kaesang dan Erina maupun pihak keluarga belum berkomentar terkait penggunaan jet pribadi tersebut.