Antisipasi Hoaks Jelang Pilkada, Kemenkominfo Siapkan Kanal Khusus

Hoaks2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menyiapkan kanal khusus untuk menginformasikan dan melaporkan temuan hoaks seputar pemilihan kepala daerah (pilkada).

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Prabu Revolusi mengatakan, kanal ini akan segera diluncurkan dalam Waktu dekat.

"Salah satu yang akan kita luncurkan dalam waktu dekat juga adalah kanal untuk bisa menginformasikan dan juga melaporkan temuan hoaks seputar pilkada," kata Prabu, dikutip dari ANTARA, Rabu, 28 Agustus 2024.

Kanal ini, dikatakan Prabu, diharapkan mampu mendukung kelancaran pilkada dengan menangkal penyebaran hoaks yang dapat mengganggu proses demokrasi.



Saat ini, Kementerian Kominfo juga telah melakukan pertemuan dengan berbagai platform media sosial untuk memastikan komitmen bersama dalam merespons cepat terhadap sebaran hoaks yang terkait pilkada.

Menurut Prabu, hoaks dapat menyebar hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan proses klarifikasinya. Sehingga, pihaknya khawatir jika terlalu birokratis dan berbelit-belit, maka hoaks akan menyebar luas sebelum bisa ditangani.

"Nah kami sedang membangun kesepakatan dengan platform dan juga tentunya didukung oleh media mainstream ya untuk bisa merespon cepat terhadap konfirmasi penyebaran berita hoaks," imbuhnya.