Perbaikan Jalan Lembah Anai hingga Oktober 2024, Biayanya Hampir Rp500 Miliar

Arus-lalu-lintas-di-lembah-anai.jpg
(ANTARA/Muhammad Zulfikar)

RIAU ONLINE, PADANG - Perbaikan jalan nasional Lembah Anai yang menghubungkan Kota Bukittinggi-Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan dikerjakan hingga Oktober 2024.

"Pengerjaan jalan Lembah Anai ini menelan biaya hampir Rp500 miliar dan dikerjakan hingga Oktober 2024," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi, di Padang, Minggu, 25 Agustus 2024.

Mahyeldi menyebut perbaikan jalan nasional usai dihantam banjir lahar dingin pada 11 Mei 2024 itu menjadi proyek prioritas. Perbaikannya pun menggunakan anggaran pendapatan belanja negara (APBN).



Selain itu, Pemerintah Sumbar tengah memperbaikain jalan rusak di daerah lain. Di antaranya jalan di daerah Balingka, Kabupaten Agam, yang kerusakannya cukup parah karena dilalui kendaraan bertonase berat, pascaputusnya jalan utama.

Sementara usai putusnya jalan Lembah Anai, seluruh kendaraan tujuan Padang-Bukittinggi dan sebaliknya alihkan ke Malalak, Kabupaten Agam, dan Sitinjau Lauik hingga ke Solok. Imbasnya, jalan-jalan tersebut rusak cukup parah karena dilalui kendaraan bertonase tinggi serta padatnya volume kendaraan.

"Seperti kemarin itu kami memprioritaskan perbaikan jalan Padang Luar-Malalak, Kabupaten Agam," ujar dia.

Pemerintah Provinsi Sumbar juga sedang mengerjakan perbaikan jalan-jalan yang rusak di Kabupaten Tanah Datar dan Kota Payakumbuh. Perbaikan tersebut diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi daerah setelah dilanda banjir lahar dingin dan banjir bandang.(ANTARA)