Menteri PUPR Sebut Presiden Jokowi Pindah ke IKN Bulan Depan

Jokowi-pidato-di-sidang-tahunan-mpr.jpg
(Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan segera pindah ke Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, bulan depan. 

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, kepindahan Presiden Jokowi menunggu bandara IKN yang direncanakan akan beroperasi pada minggu pertama September 2024.

"Kalau yang saya tahu programnya Pak Presiden Jokowi, kalau nanti bandaranya (IKN) ini beroperasi pada minggu pertama September, beliau pindah ke sana," kata Basuki, dikutip dari ANTARA, Jumat, 23 Agustus 2024.

Basuki mengatakan, pengecekan progres pembangunan landasan pacu atau runway Bandara IKN akan dilakukan pekan ini. Saat ini progres konstruksi runway Bandara IKN yang baru terbangun 1.100 meter dari target sementara 2.200 meter.



"(Bandara IKN) ini besok baru kita mau cek. Jadi mungkin kalau 2.200 meter targetnya hitungan ya, kalau tidak ada hujan konstruksi runway sepanjang 2.200 meter tersebut diharapkan dapat selesai pada tanggal 2 September," ujarnya.

 

"Jadi kita hitung terus. Nanti ketika runway-nya selesai, kemudian nanti dua hari pasang lampu-lampu semua," imbuhnya.

Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan bahwa kemungkinan gelombang pertama ASN yang pindah ke Nusantara, Kalimantan Timur, pada bulan September 2024.

Kepindahan ini akan dilakukan secara bertahap mulai tahun ini hingga 2029 melalui tiga prioritas.