Jokowi Reshuffle di Ujung Jabatan: Yasonna Dicopot, Orang Dekat Prabowo jadi Menteri

Jokowi65.jpg
(Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo akan kembali melakukan reshuffle terhadap sejumlah menteri, Senin, 19 Agustus 2024. Pelantikan akan dilakukan Jokowi di Istana Negara pukul 09.30 WIB.

"Adapun Menteri dan Kepala Badan yang akan dilantik Presiden adalah sebagai berikut: Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi, tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

Menkumham yang kini dijabat kader PDIP, Yasonna Laoly, akan diganti dengan anggota DPR dari Gerindra, Supratman Andi Agtas. Sedangkan Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia digeser menggantikan Arifin Tasrif untuk menjadi Menteri ESDM.

Jokowi juga menunjuk mantan Ketua KADIAN yang juga pernah menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024, Rosan Roeslani sebagai Kepala BKPM/Menteri Investasi menggantikan Bahlil.



Ada pun kepala badan yang baru, Jokowi akan melantik Prof Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi dan Hasan Nasbi sebagai Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan.

"Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," ujar Ari, dilansir dari kumparan.

Selain itu, Jokowi juga akan melantik sejumlah menteri, termasuk Wamen Kominfo. Posisi ini akan diisi orang dekat Presiden terpilih Prabowo Subianto, Angga Raka Prabowo. Hal ini dibernarkan Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Saat ini, Wamen Kominfo dijabat Nezar Patria. Namun Angga Raka sebagai Wamen Kominfo merupakan penambahan jabatan, bukan pergantian Nezar Patria, sebagaimana menurut aturan,
satu kementerian bisa memiliki dua wamen.

"Tambah," kata Budi Arie.