Gadis Minang jadi Pembawa Baki Bendera HUT ke-79 RI di IKN, Ini Profilnya

Maulia-pembawa-baki-bendera1.jpg
(Foto: Antara)

RIAU ONLINE - Gadis dari Ranah Minang, Sumatera Barat, terpilih sebagai pembawa baki bendera untuk HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timar, pada 17 Agustus 2024.

Maulia Permata Putri seorang siswi di SMAN 1 Kota Solok itu tengah dilatih sebagai pembawa baki bendera.

Siswi kelas XI atau kelas dua di SMAN 1 Kota Solok itu menambah daftar panjang generasi muda Sumbar yang mampu bersaing di kancah nasional dan menjadi kebanggaan bagi sekolahnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, SMAN 1 Kota Solok Dwi Suyarto, bahkan mengungkap rasa bangganya terhadap Maulia yang saat ini tengah mengikuti pelatihan Paskibraka di Jakarta.

"Saat ini Maulia tengah mengikuti latihan di Jakarta. Semoga saja mampu mempertahankan sehingga tetap terpilih sebagai pembawa baki bendera sampai pada upacara HUT RI, tanggal 17 Agustus 2024 nantinya," kata Dwi dikutip dari kumparan, Rabu, 14 Agustus 2024.

Siswi cantik asal Nagari (Desa) Parampahan, Kecamatan Bukit Sundi, Kebupaten Solok, itu juga termasuk siswi yang cerdas di kelasnya dengan perolehan nilai cemerlang.



Maulia pun dikenal sebagai siswi yang baik, terampil, dan mengikuti tata tertib sekolah dengan baik.

"Maulia juga termasuk siswi berprestasi di kelasnya dengan perolehan nilai yang selalu bagus dan membanggakan. Sedangkan untuk ekstrakurikuler, sejak awal masuk sekolah Maulia memang lebih tertarik dan fokus ke Paskibraka," ujar Dwi.

Sejak bergabung dengan Paskibra di sekolah, Maulia terus berlatih bersama tim lainnya. Ia kemudian mengikuti rekrutmen Paskibraka untuk tingkat nasional pada tahun ini.

Berkat kegigihan dan kesungguhannya, Maulia pun mulai ikut pemusatan latihan Paskibraka sejak pertengahan bulan Juli 2024 lalu. Maulia masuk dalam 76 siswa-siswi terplih dari seluruh Indonesia, yang menjadi Paskibraka. 

Setelah adanya pencapaian yang membanggakan tersebut, tidak hanya pihak sekolah, bahkan seluruh masyarakat Sumatera Barat sangat berbangga karena salah seorang putra daerah itu berhasil ikut tergabung di dalam Tim Paskibraka Nasional 2024. Apalagi terpilih sebagai pembawa baki bendera pada HUT ke-79 RI nanti.

Selain Maulia, Raidzaky Rafifaldrie dari SMAN 1 Kota Padang sebagai Tim Paskibraka Nasional tahun 2024.