Rumah BUMN Riau Ukir Prestasi di Pameran Internasional Jalur Rempah Melaka

Rumah-BUMN-Riau-di-pameran-melaka.jpg
(Dok. Rumah BUMN Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah BUMN Riau kembali menunjukkan keberhasilan di kancah internasional dalam partisipasinya dalam Pameran Muhibah Budaya Jalur Rempah yang berlangsung di Melaka, Malaysia pada 30 Juni-3 Juli 2024.

Di acara bergengsi ini ditampilkan produk unggulan UMKM binaan Rumah BUMN Riau, kekayaan budaya, dan potensi ekonomi Riau ke hadapan dunia.

Pameran ini merupakan bagian dari program prestisius yang diinisiasi oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru, bertujuan untuk mempromosikan kerjasama budaya dan ekonomi antara Indonesia dan Malaysia.

Salah satu sorotan utama dari acara ini adalah sesi business matching dengan Melaka Halal Hub, yang difasilitasi oleh KBRI Johor Bahru. 

Kegiatan ini memberikan peluang emas bagi UMKM binaan Rumah BUMN Riau untuk memperluas jangkauan pasar mereka ke tingkat global.

CEO Rumah BUMN Riau, Dian Pratomo, mengungkapkan rasa bangganya atas kesempatan ini. Ia mengatakan partisipasi Rumah BUMN Riau dalam pameran ini menjadi bukti nyata komitmen pihaknya untuk memajukan produk lokal dan membuka akses pasar internasional bagi pelaku UMKM.



"Kami tidak hanya mempromosikan produk unggulan, tetapi juga memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia melalui warisan Jalur Rempah", ujar Dian, Kamis, 11 Juli 2024.

Kunjungan ini merupakan bagian dari program prioritas nasional yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek sejak tahun 2020, bertujuan untuk memperkuat kerjasama dengan negara-negara tetangga terkait Jalur Rempah. 

Di tempat yang sama, CFO Muda Rumah BUMN Riau, Erwandi Yanto mengatakan program ini tidak hanya mendukung pelestarian dan promosi budaya serta sejarah Jalur Rempah, tetapi juga mendorong perkembangan ekonomi kreatif dan UMKM di Indonesia.

"Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, Rumah BUMN Riau terus berupaya membawa produk-produk UMKM binaannya ke panggung dunia, menunjukkan bahwa produk lokal memiliki kualitas dan daya saing tinggi di pasar global," jelas Erwandi Yanto.

Partisipasi dalam Pameran Muhibah Budaya Jalur Rempah di Melaka ini adalah langkah konkret dalam mengangkat nama Indonesia di mata dunia, membuktikan bahwa kekayaan budaya dan kualitas produk Indonesia mampu bersaing di pasar internasional.

Sebelumnya, Rumah BUMN Riau berhasil mengukir prestasi dan memperkuat posisi Indonesia dalam peta ekonomi global melalui partisipasinya dalam acara ini. 

Semangat Jalur Rempah kembali bergelora, membawa harapan baru bagi UMKM dan budaya Indonesia untuk terus maju dan berkembang.