Istana Angkat Suara Soal Harga Sewa Alphard di IKN Mencapai Rp25 Juta

Desain-Memorial-Park-IKN.jpg
(Dok. Kementerian PUPR)

RIAU ONLINE - Isu kenaikan harga sewa mobil di Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang pelaksanaan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus mendatang ramai disebut di berbagai media. Bahkan, Harga sewa mobil jenis Toyota Alphard mencapai Rp25 Juta per hari.

Isu ini ditanggapi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 6  Agustus 2024.

"[Sewa Alphard Rp 25 Juta per hari dikritik] Oh iya itu kan lokal, pasar lokal, bukan kita, dan kita besok enggak akan menggunakan itu kan. Kita akan menggunakan bus," kata Pratikno, dikutip dari KUMPARAN.

Pada kesempatan yang sama, Pratikno juga mengungkapkan masih banyak kendala dalam pelaksanaan HUT ke-79 RI di IKN, khususnya akses transportasi dari Kota Balikpapan ke IKN.



"Tol belum sepenuhnya jadi. Bandara di IKN belum jadi, ini tol dan bandara ini diperkirakan jadi di akhir Agustus awal September. Jadi untuk pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi di IKN kita masih menghadapi kendala itu sama prasarana transportasi," ungkapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur, Damun Kiswanto mengungkapkan bahwa Kemensetneg menyewa sedikitnya 1.000 unit kendaraan roda empat.

Kendaraan ini akan digunakan untuk kebutuhan pergerakan tamu negara dan very very important person (VVIP) saat peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

"Kami dan Kemensetneg tanda tangani nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan," ungkapnya.

"Permintaan pengadaan mobil dari Kemensetneg itu sekitar 1.000 unit, dan sudah dibayar uang muka 50 persen dari nilai kontrak," imbuhnya.