Jelang Kepindahan Jokowi, Sandiaga Mengaku Siap Ikut ke IKN

Sandiaga-Uno12.jpg
(Suara.com/Alfian Winanto)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mulai pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu, 28 Juli 2024 besok.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku siap mendampingi Presiden Jokowi pada hari pertamanya berkantor di IKN.

"Saya menunggu jadwal terbaru (Presiden ke IKN, Red), tapi saya mendapatkan informasi, Presiden tanggal 28 (Juli) akan ke IKN untuk berkegiatan di sana," kata Sandiaga, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 27 Juli 2024.

Sandiaga juga menjelaskan, agenda di IKN adalah melaksanakan sidang kabinet pertama dalam beberapa minggu ke depan.



"Kami siap untuk sidang kabinet pertama di IKN yang rencananya akan dilakukan dalam beberapa minggu kedepan," ujarnya.

Sandiaga juga menegaskan bahwa sidang kabinet ini tidak akan mengganggu proses yang ada di IKN termasuk persiapan HUT RI.

"Kita tunggu, karena bisa sebelumnya (HUT Ke-79 RI) karena saya mendengar arahan dari Bapak Presiden disiapkan dengan baik. Tapi dipastikan bahwa prosesnya ini tidak mengganggu kegiatan yang sekarang sedang dirampungkan di IKN untuk upacara tanggal 17 Agustus," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Setpres RI Heru Budi Hartono pada Rabu, 24 Juli 2024 lalu menyampaikan bahwa Presiden Jokowi dipastikan mulai berkantor di IKN pada 28 Juli 2024.

"Rencana tanggal 28 beliau akan meresmikan tol dan meninjau (IKN). Kami bersama (Kementerian PUPR) dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan untuk Bapak Presiden berkantor di IKN," kata Heru Budi.