PNS Bakal Naik Gaji Tahun Depan, Ini Bocorannya

Ilustrasi-ASN6.jpg
(kumparan)

RIAU ONLINE - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, telah menyampaikan rencana kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2025. Kemudian diperinci oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata.

Airlangga mengatakan kenaikan gaji PNS tahun depan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi negara. Hal ini sejalan dengan kebijakan fiskal tahun 2025 yang memprioritaskan restruksisasi belanja pegawai untuk meningkatkan kesejahteraan ASN.

"Iya (rencana kenaikan gaji PNS), disesuaikan,” kata Airlangga, dikutip dari Liputan6.com, Selasa, 23 Juli 2024.



Rencana tersebut tertuang dalam dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 Edisi Pemutakhiran.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata, merincikan penyesuaian gaji PNS dapat berupa kenaikan gaji pokok, perbaikan tunjangan kinerja, atau pemberian insentif lain.

Meski begitu, kata dia, rencana ini masih dalam proses pembahasan dan kepastian akan disampaikan pada 16 Agustus 2024, saat pembacaan Nota Keuangan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sidang DPR/MPR.

Rencana kenaikan gaji PNS ini tertuang dalam dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 Edisi Pemutakhiran. Dokumen ini menjelaskan bahwa restrukturisasi belanja pegawai menjadi salah satu arah kebijakan fiskal tahun 2025 untuk pemenuhan belanja pegawai.