Siapkan Infrastruktur Transportasi, Menhub Mulai Dinas di IKN

Menhub-Mulai-Dinas-di-IKN.jpg
(ANTARA/HO-Humas Kemenhub)

RIAU ONLINE - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku telah berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak dua hari lalu untuk menyiapkan infrastruktur transportasi di kawasan tersebut.

Dikutip dari ANTARA, Budi Karya mengatakan dirinya telah menempati Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Sudah dua hari ini saya berdinas di rumah jabatan Menteri di IKN," kata Budi, Jumat, 12 Juli 2024.

Budi Karya telah menempati RTJM sejak Kamis, 11 Juli 2024 lalu dan tengah membahas isu kesiapan transportasi bersama timnya.



“Selama itu pula, saya telah melakukan sejumlah rapat dan koordinasi dengan beberapa pihak untuk membahas isu-isu terkait kesiapan infrastruktur transportasi di IKN,” ujarnya.

Budi Karya menjelaskan, salah satu rapat yang dilakukan adalah rapat dengan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim dan Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR Wida Nurfaida, pada Jumat sore.

"Di hari kedua berkantor di IKN, saya meninjau langsung proyek transportasi di sini untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana. Salah satunya Autonomous Rapid Transit (ART)," imbuhnya.

Selain progres pembangunan infrastruktur ART, rapat ini juga membahas rencana uji coba ART, rencana implementasi manajemen lalu lintas saat upacara Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024, hingga dukungan Ditjen Perhubungan Darat dalam pembangunan IKN. ART akan menjadi model transportasi cerdas yang akan beroperasi di wilayah kawasan inti pemerintahan IKN Nusantara.

"Selain meninjau jalur ART, (saya) rapat koordinasi bersama Kementerian PUPR dan Otorita IKN juga saya lakukan dari rumah dinas," imbuhnya.