Tanda Tangani Petisi, 26 Ribu Orang Desak Budi Arie Mundur dari Menkominfo

Budi-Arie-Setiadi-jadi-menkominfo.jpg
(ANTARA/Desca Lidya Natalia.)

RIAU ONLINE - Desakan untuk Budi Arie Setiadi mundur dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kian kencang. Bahkan puluhan ribu orang telah menandatangani petisi terkait desakan Budi Arie untuk mundur yang hingga kini masih bergulir.

Budi Arie didesak mundur dari kursi Menkominfo karena dianggap gagal mengamankan server Pusat Data Nasional (PDN) dari serangan ransomware.

Berdasarkan data dari laman change.org, petisi yang dibuat oleh Southeast Asia Freedom of Expression Network (SafeNet) per Rabu, 10 Juli 2024, pukul 13.10 WIB, sudah ditandatangani sebanyak 26.077 orang

Direktur Eksekutif SafeNet, Nenden Sekar Arum, mengatakan peningkatan tanda tangan dari masyarakat ke petisi tersebut bersifat gradual. Sebab petisi sudah dimulai sejak 26 Juni lalu.

"Enggak signifikan, itu gradual," ucap Nenden, dikutip dari kumparan.



Meski petisi desakan mundur ke Budi Arie sudah ditandatangani puluhan ribu warga Indonesia, menurut Nenden, keputusan mundur atau diberhentikannya Budi Arie dari Menkominfo tetap menjadi kewenangan Presiden Jokowi.

"Semua keputusan hanya di tangan Jokowi," tuturnya.

Saat ini, SafeNet juga tengah menyiapkan gugatan untuk dilayankan ke Kominfo dan Presiden Jokowi yang dianggap gagal mengamankan data di PDN.

"Sekarang lagi nunggu balasan soal permohonan keterbukaan informasi ke PPID Kominfo," pungkasnya.

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie enggan berkomentar mengenai desakan mundur dirinya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

Budi hanya memberi salam namaste dan memberi tanda jempol saja ketika ditemui wartawan di kawasan Tendean, Jakarta Selatan. Ia tak berkomentar apa pun ke awak media.