Capaian BBTF Meningkat, Menparekraf Sebut Tanda Pemulihan Pariwisata

Sandiaga-Uno12.jpg
(Suara.com/Alfian Winanto)

RIAU ONLINE - Capaian target Pameran Pariwisata Bali Beyond and Travel Fair (BBTF) Ke-10 di Nusa Dua mencatatkan potensi transaksi sebesar Rp7,61 triliun.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, kondisi ini menunjukkan adanya pemulihan sektor pariwisata tanah air.

“Tidak hanya menjadi lebih kuat tapi juga mendapatkan kualitas lebih bagus dan berkelanjutan,” kata Sandiaga, dikutip dari Antara, Jumat, 14 Juni 2024. 

Sandiaga mengatakan, capaian tahun ini meningkat dibandingkan ajang serupa tahun lalu. dirinya juga meyakini melalui ajang tahunan yang mempertemukan pelaku pariwisata itu juga membuat Indonesia memiliki pameran pariwisata berkelas dunia seperti kegiatan serupa di ITB Berlin, hingga World Travel Mart (WTM).


Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali Putu Winastra selaku penyelenggara menjelaskan tahun ini pameran diikuti 370 pembeli dari 45 negara di antaranya dari negara-negara di Eropa, Afrika, Australia dan Amerika Serikat.

Sedangkan penjual paket pariwisata mencapai 282, termasuk pelaku usaha dari delapan negara di antaranya Nepal, Timor Leste, China, Amerika Serikat, Malaysia, Afrika Selatan, Iran serta Indonesia.

Selain itu, ada juga para pelaku usaha pariwisata dari 11 provinsi di tanah air yang ikut berpartisipasi sebagai penjual diantaranya dari DKI Jakarta, NTB, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Yogyakarta, NTT, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

Kami berharap ajang ini bisa menjadi bagian pertumbuhan pariwisata di Indonesia dan pada akhirnya berkontribusi meningkatkan devisa,” kata Putu Winastra. (ANTARA)