Menkominfo Prihatin, Hanya 30 Persen ASN Siap Transformasi Digital

Ilustrasi-ASN1.jpg
(Dok. KemenPAN RB)

RIAU ONLINE - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengaku hanya 30 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melek digital. Menurut Budi, hal ini berdasarkan penelitian terakhir Kominfo.

Budi Arie mengaku prihatin dengan kondisi ini, lantaran masih banyak pekerjaan yang harus dibenahi oleh Kementerian Kominfo.

"Penelitian terakhir kami agak menyedihkan, karena ASN Indonesia ini hanya 30 persen yang siap beradaptasi terhadap transformasi digital. Jadi masih banyak pekerjaan yang harus kami benahi," ujar Budi Arie, dikutip dari Suara.com, Senin, 3 Juni 2024.

Budi Ari menyampaikan bahwa saat ini merupakan titik penting bagi Indonesia untuk memanfaatkan teknologi untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi nasional.


"Transformasi digital menjadi salah satu arah pembangunan dalam kerangka agenda transformasi ekonomi," ujar Budi Arie.

Saat ini, menurut Budi Arie, pihaknya telah meluncurkan Visi Indonesia Digital 2045 dengan infrastruktur digital sebagai pondasi utama yang menopang tiga arah pilar pembangunan Indonesia di bidang digital yakni ekonomi digital, pemerintah digital, dan masyarakat digital dalam upaya merealisasikan Visi Indonesia Emas 2045.

Budi Arie juga berpendapat bahwa transformasi digital berpotensi mendorong Indonesia keluar dari middle income trap. Adapun teknologi yang harus dioptimalkan untuk mendorong transformasi digital adalah AI.