Bupati Apresiasi Masukan dari DPRD Kuansing Soal Dua Ranperda

Pj-Sekda-Kuansing-H-Fahdiansyah.jpg
(Robi Susanto/Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Suhardiman Amby memberikan apresiasi terkait masukan dan usulan anggota DPRD Kuansing terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Ranperda tentang penyertaan modal.

Sidang paripurna jawaban pemerintah tentang pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Kuansing dipimpin Wakil Ketua DPRD Kuansing Darmizar dihadiri anggota DPRD Kuansing.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby diwakili Pj Sekda Kuansing H Fahdiansyah pada rapat paripurna. Rapat ini juga dihadiri sejumlah Forkopimda dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing, Senin, 13 Mei 2024.

Menjawab pandangan umum fraksi Golkar, Bupati melalui Pj Sekda Kuansing Fahdiansyah menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan fraksi Golkar DPRD Kuansing terhadap Ranperda tentang penyertaan modal.

Disampaikan Fahdiansyah, Pemda tetap akan berpedoman kepada mekanisme dan peraturan perundang-undangan agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Pemda katanya juga sependapat dengan fraksi Golkar untuk menjalankan Ranperda dengan sebaik-baiknya.

Terkait investasi pada PT Riau Air Line seperti disampaikan Fraksi PPP, Pemkab kata Fahdiansyah telah menyurati Gubernur Riau selaku pemegang saham terbesar meminta penjelasan kepastian usaha PT Riau Air Line. Untuk investasi PT Bank Riau Kepri Pemda telah menyampaikan pendapat saat rapat pemegang saham perihal penerimaan dividen.


Untuk jawaban fraksi Gerindra, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas persetujuan dan kesepakatan terhadap Ranperda tentang pengelolaan keuangan daerah dan Ranperda tentang penyertaan modal.

Sementara menjawab pandangan umum fraksi Nasdem DPRD Kuansing, Bupati menyampaikan terima kasih atas dukungan fraksi Nasdem tentang dua Ranperda tersebut.

Menjawab pandangan umum fraksi Demokrat, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas rekomendasi dari Fraksi Demokrat yang telah memberi masukan untuk mempertimbangkan aspek berkelanjutan lingkungan dan inovasi teknologi dalam penyertaan modal.

Untuk fraksi PAN, Bupati mengatakan kalau Pemda akan meminta data kepada PT BRK dan PT Riau Air Line.

Kemudian menjawab pandangan umum Fraksi PDIP, Pemda sependapat dengan fraksi PDIP bahwa pengelolaan keuangan dilaksanakan secara transparan, akuntabel dan partisipatif sehingga manajemen pengelolaan keuangan lebih baik dan profesional.

Menjawab pandangan umum fraksi PKB, Pemda memberikan apresiasi dan saran yang diberikan fraksi PKB DPRD Kuansing. Ke Depan Pemda akan memperhatikan asas pemanfaatan dalam penyertaan modal.

Terakhir menjawab pandangan umum fraksi PKS - Hanura, terutama terkait penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan keuangan daerah telah menggunakan teknologi informasi berupa aplikasi pengelolaan keuangan yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perubahan peraturan perundang-undangan.