Tak Diundang Rakernas PDIP, Jokowi Asik Wisata ke Borobudur

Presiden-Jokowi-ke-Candi-Borobudur.jpg
(ANTARA/Heru Suyitno)

RIAU ONLINE - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tampak tengah asik menikmati momen liburan bersama dengan keluarga di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Hal ini dibenarkan oleh Pemandu dari Museum dan Cagar Budaya, Warisan Dunia Borobudur Hari Setyawan yang mendampingi keluarga Jokowi, Sabtu 25 Mei 2024.

"Presiden beserta rombongan naik Candi dari pintu sebelah barat terus ke timur setengah lingkaran, kemudian melanjutkan naik candi dari pintu timur," kata Hari.

Presiden Jokowi naik ke candi bersama putranya, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda. Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi hanya menunggu di halaman candi.


Selain itu, cucu Presiden Jokowi Jan Ethes Srinalendra dan La Lembah Manah juga turut menaiki bangunan candi bersama kakeknya.

Hari menuturkan, presiden hanya naik sampai ke lantai tiga Candi Borobudur. Jokowi juga sempat menanyakan alasan pembatasan jumlah pengunjung yang bisa menaiki bangunan candi.

Menurut Hari, hal ini karena jika tidak ada pembatasan akan mengakibatkan percepatan kerusakan dan pelabuhan Candi Borobudur.

"Kalau waktu SD kita mendapat penjelasan bahwa Candi Borobudur merupakan peninggalan tujuh keajaiban dunia, ini suatu yang salah karena Borobudur itu adalah warisan budaya dunia,"  imbuhnya. (ANTARA)