Jalan Padang - Bukittinggi Lumpuh Total Akibat Lahar Dingin, Malalak Ikut Longsor

Jalan-Padang-Bukittinggi-Lumpuh-Total-Akibat-Lahar-Dingin-Malalak-Ikut-Longsor.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, SUMATERA BARAT - Arus Lalu Lintas Nasional yang menghubungkan Padang - Bukittinggi via Padang Panjang, Sumatera Barat lumpuh total akibat diterjang Banjir bandang dan Lahar Dingin, Sabtu, 11 Mei 2024 malam.

Tak hanya itu, arus lalu lintas via Malalak yang biasanya dilalui oleh sejumlah pengendara untuk alternatif juga terjadi longsor.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Kartyana Widyarso mengatakan untuk saat ini arus lalu lintas dari Arah Padang - Bukittinggi atau sebaliknya via Padangpanjang tidak bisa dilalui.

"Untuk sementara arus lalu lintas lumpuh total baik dari arah Padang-Bukittinggi atau sebaliknya," ujar AKBP Kartyana, Minggu, 12 Mei 2024.


Kapolres mengimbau kepada pengendara yang ingin melintas dari arah Padang menuju Bukittinggi via Padang Panjang atau sebaliknya untuk mencari jalur alternatif lain. 

Saat ini tim gabungan tengah fokus mencari korban jiwa yang terseret arus banjir bandang dan Lahar dingin di kawasan Merapi, Sumatera Barat.

Diketahui, BPBD Sumatera Barat (Sumbar) mencatat ada 13 orang warga meninggal dunia dan 3 lainnya dilaporkan hilang akibat banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat.