Libur Panjang, Angkasa Pura Prediksi Lonjakan Penumpang Capai 15 Persen

Arus-Mudik-di-Bandara-SKK-II-Pekanbaru.jpg
(RIAU ONLINE/LARAS OLIVIA)

RIAU ONLINE - PT Angkasa Pura II memprediksi akan adanya lonjakan penumpang pesawat selama libur panjang akhir pekan 9-12 Mei 2024.

Pgs SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro memperkirakan akan ada 1 juta orang penumpang pesawat di 20 bandara yang dikelolanya.

“Jumlah penumpang di 20 bandara AP II pada long weekend 9-12 Mei diperkirakan mencapai 1 juta orang, naik 15 persen dibandingkan dengan hari normal. Sementara untuk jumlah penerbangan diproyeksikan sebanyak 6.823 penerbangan,” ujar Cin, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat 10 Mei 2024.

Adapun 20 bandara yang saat ini dikelola Angkasa Pura II yakni Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).


Selanjutnya, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

"Kami telah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya khususnya maskapai agar layanan penerbangan pada long weekend 9-12 Mei dapat berjalan dengan baik. Apabila dinilai perlu, kapasitas kursi penerbangan dapat selalu ditingkatkan melalui penerbangan tambahan (extra flight) yang dioperasikan maskapai, dan AP II memastikan ketersediaan slot time," imbuhnya.

Cin juga menuturkan, AP II tetap fokus pada sejumlah titik penting untuk memastikan terjaganya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan, meski dalam periode sibuk.