Datang ke Yogyakarta, Megawati Bahas El Nino dan Stunting dengan Ganjar

Ganjar-dan-Megawati5.jpg
(Suarajogja.id/Hiskia Andika Weadcaksana])

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri datang ke Yogyakarta pada Selasa (22/8/2023) siang. Megawati datang untuk mengunjungi Kantor DPD PDIP  didampingi langsung oleh bakal calon presiden (bacapres) PDIP Ganjar Pranowo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menuturkan bahwa ada percakapan antara Presiden Ke-5 Republik Indonesia itu dengan Ganjar Pranowo. Diungkapkan Hasto, Megawati di antaranya menanyakan antisipasi dampak El Nino dan penanganan stunting.

"Di sepanjang perjalanan dari bandara Adi Sucitpto ke Kantor DPD PDIP, Bu Mega dan Mas Ganjar banyak membahas El Nino, soal kekeringan. Bu Mega mengingatkan Partai mengeluarkan instruksi dampak El Nino sejak tiga bulan lalu. Soal pengobaran air perlu diatur dengan baik pun dibahas," kata Hasto, dalam keterangannya, Selasa siang.

Megawati pun menanyakan kondisi stunting kepada sejumlah kepala daerah dan Ketua DPRD Yogyakarta setibanya di Kantor DPD PDIP Yogyakarta. Tak luput, Megawati pun memanggil Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.



Dia meminta penjelasan soal penanganan stunting di wilayah masing-masing. Megawati pun turut memanggil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Cukup lama Megawati meminta penjelasan. Dia meminta kepada para kepala daerah PDIP untuk betul-betul memperhatikan permasalahan stunting di daerah masing-masing.

Diketahui, Megawati baru pertama kali menginjakkan kaki di kantor partai yang baru di DIY itu. Putri Bung Karno itu sebenarnya sudah meresmikan kantor baru DPD PDIP Daerah Istimewa Yogyakarta itu pada 20 Oktober 2020.

Namun karena saat itu masih dalam masa pandemi Covid-19, peresmian dilakukan secara daring. Bangunan yang terdiri dari empat lantai dengan taman di bagian tengahnya itu berlokasi di Jalan Tentara Rakyat Mataram No 47, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan SuaraJogja.id di lokasi, Megawati sempat memberi pengarahan kepada seluruh kader PDIP di DPD PDIP DIY. Ia berbicara di depan para kader lebih kurang 50 menit.

Setelah memberikan pengarahan kepada para kader, Megawati bersama Ganjar dan rombongan lain langsung meninggalkan lokasi. Sebelum itu, Megawati sempat menyempatkan diri menyapa warga dan anak-anak yang telah menunggu sejak tadi di halaman Kantor DPD PDIP DIY dikutip dari suara.com