Perbatasan RI-Papua Nugini Rawan Penyelundupan Barang Curian hingga Ganja

ILUSTRASI-GANJA.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Perbatasan Indonesia dan Papua Nugini (PNG) rawan penyelundupan barang hasil curian hingga ganja. Hal ini diungkapkan Waka Polresta Jayapura Kota AKBP Denny Herdiana.

"Memang benar wilayah RI-PNG rawan penyelundupan baik dari wilayah RI maupun PNG," kata Wakapolresta AKBP Denny di Jayapura, Rabu, 26 Juli 2023.

AKBP Denny menyebut barang-barang hasil curian yang diselundupkan dari wilayah RI khususnya dari Kota Jayapura ke Papua Nugini berupa barang curian seperti sepeda motor, HP dan AC. Sebaliknya, nerkotika jenis ganja diselundupkan dari Papua Nugini ke RI.

Ia menjelaskan barang-barang selundupan dari wilayah Kota Jayapura diselundupkan melalui jalan setapak atau jalan pintas di perbatasan dan melalui laut.

Dari laporan yang diterima banyak sepeda motor yang diduga hasil curian beredar di wilayah Papua Nugini.


"Kami akan bersinergi dengan aparat keamanan di perbatasan untuk lebih aktif melakukan patroli di sekitar perbatasan guna meminimalisir kasus penyelundupan di perbatasan RI-PNG, " kata AKBP Denny.

AKBP Denny mengatakan pihaknya akan menambah personel di Polsek Muara Tami untuk memperkuat pengamanan di perbatasan RI-Papua Nugini.

Polsek Muara Tami merupakan satu-satunya Polsek di jajaran Polresta Jayapura Kota yang berada di perbatasan dengan PNG.

"Mudah-mudahan dengan ditambahnya personel di Polsek Muara Tami maka dapat menekan penyelundupan narkotika dari PNG, " harap AKBP Denny.

Polresta Jayapura Kota membawahi Polsek Jayapura Utara, Polsek Jayapura Selatan, Polsek Heran, Polsek Abepura dan Polsek Muara Tami. (ANTARA/Evarukdijati)

Dilarang mengutip berita ini, kecuali seizin ANTARA