26 Badak Jawa di Ujung Kulon Dihabisi 13 Pemburu

Ilustrasi-Badak.jpg
(Pixabay)

RIAU ONLINE - Kepolisian berhasil mengungkap 13 pelaku perburuan Badak Jawa, atau Badak Bercula Satu di Taman Nasional Ujung Kulon. Aktivitas perburuan ini menyebabkan 26 Badak Jawa mati.

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengungkapkan, 13 pelaku yang terlibat dalam aksi perburuan ini terdiri dari dua jaringan berbeda.

"Ada 2 jaringan, jaringan Sunendi sama jaringan Suhar. Sebelumnya kita amankan 2 orang penadah yang menjual ke Tiongkok, dan untuk pelaku perburuan liar itu semuanya ada 13 orang. "Tapi yang diamankan ada 8 orang sama penadahnya 2 orang. Dari hasil pemeriksaan termasuk pengecekan TKP, total badak (yang diburu) ada 26 ekor," terang Irjen Pol Abdul Karim, dikutip dari lamat Suara.com, Kamis, 30 Mei 2024.

Abdul Karim menjelaskan, jumlah 26 ekor ini baru sebatas pengakuan dari para pelaku. Namun, pihaknya belum dapat memastikan jumlah persisnya Badak Jawa yang telah diburu.


"Masih belum kita ketahui berapa jumlahnya, ini hanya hasil keterangan (pelaku) saja, tapi kita belum tahu fakta yang ada di lapangan. Artinya dari pengakuan, dan pengakuan ini belum tahu juga, jadi jumlahnya masih simpang siur, bisa lebih ya bisa kurang,” ujarnya.

Polisi masih menetapkan 3 orang pelaku dari jaringan Suhar menjadi DPO. Sedangkan untuk Jaringan Sunedi, Polisi mengaku telah menangkap seluruh anggotanya.

"Dari 2 jaringan ini yang Sunendi sudah diamankan semua, dan jaringan Suhar. Suhar ini sudah kita tangkap, cuma ada 3 orang anak buahnya belum kita tangkap. Ke depannya kita masih melakukan operasi gabungan dengan TNUK,” tandasnya.