Strategi Optimalkan Persiapan Belajar Jelang Ujian SKD CPNS

Ilustrasi-CPNS-2024-1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para peserta yang lolos seleksi administrasi CPNS 2024 pasti sudah tahu betapa pentingnya persiapan dalam menghadapi tes SKD CPNS.

Namun penting diketahui, kunci suksesnya bukan hanya terletak pada berapa banyak soal tes SKD CPNS yang dikerjakan, tetapi juga bagaimana mempersiapkan diri sejak awal.

RIAU ONLINE merangkum dari berbagai sumber tentang strategi belajar yang efektif, mulai dari mengenali kemampuan diri sendiri, persiapan materi, hingga bagaimana memanfaatkan waktu menjelang tes. Yuk simak tipsnya.

1. Kenali Kemampuan Diri

Kamu harus mengenali kemampuan diri dengan mencoba evaluasi awal sebelum mulai belajar. Kamu bisa kerjakan beberapa soal simulasi SKD yang bisa ditemukan secara online.

Hal itu bertujuan untuk melihat dimana letak kekuatan dan kelemahan, apakah itu TWK, TIU atau TKP. Hal ini sangat penting supaya kamu tahu area mana yang perlu lebih banyak waktu untuk dipelajari.

Disini kamu bisa gunakan aplikasi atau website yang menyediakan tes gratis untuk mendapatkan gambaran kemampuan awalmu.Kemudian catat bagian yang sering salah atau butuh waktu lebih lama untuk dikerjakan.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mulai dengan mengerjakan simulasi tes SKD berbasis CAT yang disediakan resmi oleh BKN.

2. Buat Jadwal Belajar Terstruktur

Alokasikan waktu belajar untuk setiap jenis tes sesuai dengan tingkat kesulitan kamu di bidang tersebut. Misalnya, jika TWK terasa lebih sulit, alokasikan waktu lebih banyak untuk mempelajarinya.

Pastikan jadwal belajarmu realistis dan seimbang dengan waktu istirahat dan tetap konsisten.



Di awal sebaiknya kamu sediakan waktu tersendiri, misal waktunya 3 hari untuk belajar materi dan konsep TIU, Lalu 2 hari berikutnya TWK dan selanjutnya 2 hari untuk TKP.

Hal itu bisa dilakukan agar kamu belajarnya jadi lebih fokus. Setelah itu kamu bisa mulai belajar mengerjakan soal-soal TWK, TIU dan TKP secara bergantian setiap harinya.

Tipsnya tentukan target harian atau mingguan, misalnya menyelesaikan limapuluh soal TWK atau tigapuluh soal TIU setiap harinya.

3. Review Soal Latihan

Hal penting lainnya yakni, menyisipkan waktu review soal yang sudah dikerjakan sebelumnya. Saat belajar pastikan kamu tidak hanya menghafal materi, tetapi benar-benar memahaminya, terutama untuk soal TWK yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang sejarah, Undang- Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Sedangkan TIU fokuslah pada latihan soal hitungan dan logika, bukan hanya sekedar teori. Coba pahami cara menyelesaikan soal dengan cara yang cepat dan efektif.

Manfaatkan Mind Mapping untuk memahami konsep besar materi TWK, jika kamu merasa terlalu banyak materi yang harus dipelajari, jangan panik dan prioritaskan terlebih dahulu materi yang paling sering keluar dalam ujian.

Soal TWK biasanya sering mengulang tema-tema seperti Pancasila, ideologi negara dan sejarah pergerakan nasional. Kemudian untuk TIU kamu bisa berlatih soal aritmatika dasar, pemahaman analitik dan logika.

Sedangkan untuk TKP, fokuslah pada latihan soal yang menguji keterampilan interpersonal dan etika kerja. Jangan habiskan terlalu banyak waktu pada materi yang tidak terlalu esensial.

4. Gunakan Metode Belajar Efektif

Kamu bisa gunakan metode belajar aktif seperti membuat catatan singkat, melakukan diskusi atau mengajarkan kembali materi kepada teman yang sama-sama lagi berjuang

Untuk memaksimalkan belajar, pastikan kamu menggunakan sumber belajar yang tepat. Buku bedah SKD CPNS atau aplikasi simulasi tes CPNS bisa membantu kamu latihan soal dengan simulasi mirip tes asli.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan website gratis seperti tes CPNS dan tutorial di Youtube dari banyak channel yang membahas soal CPNS.

Gabung juga ke grup WhatsApp atau Telegram CPNS, karena biasanya akan banyak informasi penting menjelang pelaksanaan tes seperti FR soal yang muncul dan sebagainya.

Lebih bagus juga jika kamu gunakan kombinasi antara buku fisik dan aplikasi agar lebih fleksibel saat belajar. Pastikan sumber belajar kamu juga harus update dengan soal-soal terbaru. Semakin dekat dengan hari H, fokuskan waktumu untuk melakukan latihan simulasi ujian.

5. Manajemen Waktu dengan Baik

Sangat penting untuk melatih manajemen waktu, karena dalam tes SKD setiap soal memiliki waktu yang terbatas. Buat simulasi ujian mandiri dengan menggunakan timekeeper dan kerjakan soal sesuai dengan alokasi waktu yang sebenarnya.

Minimum seminggu sebelum tes, pastikan manajemen waktu kamu bagus, atur pola makan dan istirahat yang cukup dan jangan begadang.

Jika masih melakukan itu, nanti akan berpengaruh pada performa kamu saat tes yang sesungguhnya. Lebih bagus lagi kalau bisa atur waktu dari sekarang, kapan waktunya belajar, kapan waktunya istirahat.

Hindari juga belajar dengan keras sehari sebelum pelaksanaan tes. Sehari sebelum tes sebaiknya kamu banyak istirahat agar kondisi tubuh bisa lebih rileks.

Dalam mempelajari soal, kerjakan soal-soal simulasi lengkap di bawah waktu yang sudah ditentukan. Hindari mengulang soal yang sama serta fokus pada pemahaman dan persiapan internal juga penting.