Eksim Bikin Tak Nyaman, Ini 6 Cara Mengatasinya

Ilustrasi-eksim.jpg
(Istimewa)

Laporan: Syahrani

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan gatal parah, kemerahan, kulit kering, dan kadang-kadang kulit yang melenting, pecah-pecah, radang, dan terdapat tanda kemerahan pada sebagian kecil atau besar wilayah tubuh. Penderita eksim biasanya memiliki kulit yang kering dan sensitif, serta mudah merasa gatal.

Meski tidak ada obat untuk menyembuhkan eksim secara permanen, pengobatan yang tepat dapat membantu meredakan gejala dan mencegahnya kambuh. Berikut adalah beberapa cara mengobati eksim:

1. Obat Topikal

Obat topikal adalah pengobatan utama untuk eksim. Obat-obatan ini dioleskan langsung pada kulit yang terkena dan membantu meredakan gatal, kemerahan, dan peradangan.  

2. Obat Oral 

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan obat oral untuk mengobati eksim, terutama jika eksim parah atau tidak merespon pengobatan topikal.  

3. Terapi Cahaya 

Terapi cahaya, atau fototerapi, melibatkan paparan sinar ultraviolet (UV) untuk membantu meredakan peradangan dan gatal. Terapi cahaya biasanya dilakukan di klinik atau rumah sakit.



4. Pengobatan Tradisional

Beberapa pengobatan tradisional juga digunakan untuk mengobati eksim, seperti:

- Minyak kelapa murni

- Madu

- Tree tea oil 

5. Perawatan di Rumah

Selain pengobatan medis, Anda juga dapat melakukan beberapa perawatan di rumah untuk membantu meredakan gejala eksim:

- Mandi air hangat

- Gunakan sabun lembut

- Keringkan kulit dengan lembut

- Hindari pemicu eksim

- Gunakan pakaian katun 

6. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Dokter kulit akan dapat menentukan penyebab eksim dan merekomendasikan pengobatan yang paling efektif untuk Anda.