Kenali Kriteria Pemimpin Terbaik Menjelang Nyoblos Calon Kepala Daerah, Ini Cirinya

Gubernur-Wakil-Gubernur.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Untuk memimpin negara, provinsi atau kabupaten/kota, seseorang harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik. Sehingga masyarakat dan daerah yang dipimpinnya menjadi lebih sejahtera dan maju.

Berdasarkan sejumlah sumber, ada banyak kriteria yang menjadikan seseorang dapat disebut seorang pemimpin yang baik. Beberapa diantaranya adalah:

1. Jujur

Kejujuran menjadi modal penting bagi seorang pemimpin sehingga dapat menarik kepercayaan masyarakat. Kejujuran yang ada dalam diri seorang pemimpin akan menjadi ciri khas tersendiri yang mampu diandalkan oleh anggota.

2. Amanah



Pemimpin yang baik harus amanah dan dapat dipercaya. Pemimpin yang mengemban tanggung jawabnya dengan tulus dan berupaya menuntaskan pekerjaannya sebaik mungkin.

3. Memiliki komunikasi yang baik

Selain jujur, kemampuan menjalin komunikasi sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dan pertentangan yang tidak perlu. Pemimpin juga harus mampu memotivasi tim dan mampu menangkap atau mendengarkan umpan balik.

4. Bukan orang yang mementingkan diri sendiri

Orang yang mementingkan diri sendiri tidak pantas menjadi pemimpin. Karena, menjadi pemimpin adalah sebuah tanggung jawab dimana seseorang harus mampu mengambil keputusan yang bijaksana demi kepentingan bersama.

5. Memiliki visi dan misi yang jelas

Visi dan misi adalah tujuan menggerakkan pemimpin dan timnya. Tanpa visi dan misi yang jelas, maka suatu bangsa atau negara pasti tidak akan berkembang.