Sejumlah Rumah Warga Inhil Ambruk ke Sungai Diterjang Longsor, Ini Kronologinya

Rumah-ambruk-ke-sungai-akibat-abrasi.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, INHIL - Longsor yang dipicu abrasi kembali terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir, Senin, 8 Juli 2024. Sejumlah rumah warga yang berada di aliran Surangai Indragiri, Parit 05 dan 06, Kecamatan Tembilahan Hulu, Inhil, ambruk ke sungai.

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan menyebut sejumlah rumah warga mengalami rusak berak setelah diterjang longsor akibat abrasi.

"Sejumlah kendaraan juga rusak," katanya.

AKBP Budi menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu, warga bernama Kasta Lane melihat tiang listrik di Jalan Provinsi bergerak dengan kuat. Ketika didekat, warga telah berhamburan keluar rumah dan meminta pertolongan Ketua RT setempat.



"Kita juga mengimbau warga untuk keluar dari rumah dan menyingkir dari lokasi," kata Budi.

Beberapa detik kemudian, tanah dan rumah warga ambruk hingga rata dengan air sungai. Longsor juga menghantam beberapa kafe milik warga dan ambruk ke sungai.

Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricky Marzuki, lantas memerintahkan personel untuk melakukan pengamanan di lokasi dan mengatur lalu lintas menjadi satu arah. Evakuasi korban pun dilakukan.

"Personel membantu mengamankan barang-barang yang ditinggalkan warga di lokasi kejadian. Di sana juga dibuat pos pengamanan," pungkas Budi.

Akibat kejadian ini kerugian materil diperkirakan mencapai Rp2,5 milliar.