Mulai dari Diri Sendiri, Berikut Tips Jaga Lingkungan di Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi-makanan-kemasan.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Manusia adalah makhluk hidup yang menghasilkan limbah paling banyak. Manusia membuat banyak sampah organik seperti sisa makanan, maupun non organik seperti sampah plastik, kaleng minuman, pakaian bekas dan lain sebagainya.

Sampah-sampah non organik yang dihasilkan manusia butuh waktu bertahun-tahun hingga ratusan tahun agar dapat terurai. 

Oleh karenanya, sampah di setiap Tempat Pembuangan Sampah (TPS) selalu menggunung.

Gunungan sampah bisa menjadi sumber penyakit, karena menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan hewan-hewan kecil seperti nyamuk. 

Pembakaran sampah yang sulit diurai menyebabkan polusi udara yang dapat merusak paru-paru dan menimbun sampah terus menerus dapat merusak kesuburan tanah, sehingga tumbuhan tidak dapat tumbuh.

Oleh karenanya, agar sampah tidak terus menumpuk dan menjadi masalah yang lebih besar dikemudian hari, penggunaan produk-produk yang menghasilkan sampah harus segera dikurangi. 



Berikut ini, tips untuk mengurangi produksi sampah dalam kegiatan sehari-hari yang bisa dimulai dari diri sendiri:

1. Membawa Kantong Belanja Sendiri

Meskipun kantong plastik memang praktis, tapi hal inilah yang membuat sampah pada bumi terus bertumpuk tak terkendali. Membawa kantong belanja sendiri saat belanja atau bepergian adalah cara yang paling mudah untuk berkontribusi mengurangi sampah pribadi.

2. Membawa Botol Minum atau Tumbler

Apa yang dibutuhkan ketika haus? Tentu, air minum. Ketika haus jawabannya tidak harus membeli air minum kemasan. Lebih baik menyiapkan air minum dari rumah dengan menggunakan botol minum atau tumbler. Selain bentuk dari peduli terhadap lingkungan, membawa botol minum sendiri juga bisa menghemat uang.

3. Tidak Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik memang terlihat remeh. Tapi bayangkan jika ribuan orang yang berfikir seremeh itu?. Tentulah sangat berdampak bagi lingkungan. Sekarang, mulailah mengganti sedotan plastik dengan sedotan bambu atau kertas yang ramah lingkungan.

4. Hindari Membeli Makanan dan Minuman Kemasan Plastik

Usahakan, jangan membeli produk dalam kemasan sachet, tapi belilah produk yang dikemas dalam ukuran besar untuk mengurangi sampah. Jika memungkinkan, pilih produk yang dikemas dalam botol kaca atau daun.

5. Daur Ulang Sampah Plastik

Tidak semua plastik bisa didaur ulang. Namun, beberapa barang, seperti botol minuman dan pot tanaman dapat dilakukan proses recycle. Kreasikan sampah plastik menjadi hiasan atau barang lain yang dibutuhkan di rumah.