6 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Boros Listrik hingga Tagihan Bengkak

ilustrasi-stop-kontak1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE - Sejumlah kebiasaan ternyata menyebabkan pemakaian listrik boros hingga tagihan membengkak atau token listrik cepat habis.

Satu di antara kebiasaan sepele yang kerap dilakukan, seperti membiarkan kabel tetap tersambung ke stop kontak dan membiarkan lampu menyala. Tanpa sadar, kebiasaan ini membuat penggunaan listrik boros.

Menurut Alliance to Save Energy yang dikutip dari jaringan RIAU ONLINEBatamnews.com, Minggu, 14 Juli 2024, berikut 7 kebiasaan sepela yang bikin boros listrik:

1. Kipas terus menyala

Sebaiknya gunakan dan nyalakan kipas seperlunya. Lalu, matikan saat tidak lagi membutuhkan kipas.

2. Sering buka tutup kulkas

Bolak balik membuka kulkas ternyata juga membuat listrik boros. Setiap kali membuka pintu kulkas, bahkan hanya mengintip, dapat menambah 7% energi dari total penggunaan daya listrik barang tersebut.

Kebiasaan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas juga bikin boros listrik karena kulkas perlu menyedot lebih banyak daya untuk mendinginkannya. Di sisi lain, kulkas kosong yang dibiarkan menyala juga mengkonsumsi listrik cukup besar.



3. Mengatus suhu AC terlalu ektrem

Menyalakan AC dengan suhu rendah agar lebih dingin membuat kompresor pendingin ruangan bekerja lebih keras untuk mengatur suhu yang diinginkan. Alhasil, penggunaan daya lebih boros dan tagihan listrik pun membengkak.

4. Kabel dibiarkan tersambung ke soket listrik

Membiarkan kabel elektronik tersambung ke stop kontak sudah menjadi kebiasan bagi sebagian orang. Padahal, kebiasaan sepele ini memakan listrik lebih besar, karena elektronik yang kabelnya tetap terhubung ke soket dalam mode siaga, menyokong sampai 10% dari total penggunaan listrik di rumah.

5. Menggunakan elektronik lama

Menggunakan elektronik lama menyebabkan boros litrik, karena barang-barang itu belum dirancang dengan teknologi terkini agar pemakaian daya lebih efisien, sehingga memerlukan energi lebih besar saat digunakan.

6. Berendam di bak mandi

Penggunaan listrik bisa boros saat mengisi penuh air ke dalam bathtub. Anda bisa beralih ke shower atau mandi menggunakan gayung untuk penggunaan air yang lebih sedikit, sehingga tidak mempengaruhi listrik sampai boros.

Tips hemat listrik di rumah

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik di rumah, di antaranya:

  • Gunakan lampu LED atau lampu CFL (neon) yang lebih hemat energi.
  • Nyalakan lampu dan kipas saat diperlukan saja.
  • Stop bolak-balik buka tutup kulkas.
  • Hindari menyimpan makanan atau minuman panas di kulkas.
  • Cabut kabel elektronik yang tersambung ke soket listrik saat tidak digunakan.
  • Atur suhu AC sedang.
  • Gunakan barang elektronik yang hemat energi.
  • Hemat menggunakan air.

Selain itu, lebih baik meninggalkan kebiasaan-kebiasaan sepele yang dapat memicu penggunaan listrik menjadi boros.