Baru Dilantik, Risnandar Mahiwa Diminta Persiapan Pilkada Pekanbaru 2024

Risnandar-Mahiwa3.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru saat ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) wali kota yang baru saja dilantik, Rabu 22 Mei kemarin. Risnandar Mahiwa dipercaya untuk mengurusi ibu kota Provinsi Riau paling lama setahun masa jabatan sejak dilantik.

Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto telah memberikan sejumlah tugas bagi Risnandar Mahiwa. Satu diantaranya memfasilitasi masa transisi pemerintahan.

"Pada prinsipnya di awal, karena tugas Pj tadi disampaikan pak gubernur yakni fasilitasi transisi pemerintahan," kata Risnandar.

Untuk itu, dirinya bakal berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Pekanbaru. Ia bersama Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution bakal mempersiapkan tahapan Pemilihan Wali Kota Pekanbaru (Pilwako) 2024.



Baginya, persiapan Pilkada serentak bukanlah hal yang baru, terlebih Risnandar juga menjabat sebagai Direktur Organisasi Masyarakat Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri.

"Dari sisi pemerintah kota, kira-kira apa langkah-langkah yang kita bantu penyelenggaran Pilwako," ujarnya.

Terkait persiapan pilkada, hal itu juga disebutkan dalam poin Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3-1122 Tahun 2024 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Wali Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Penjabat juga memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pilkada di Kota Pekanbaru tahun 2024 dan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Maka kita berupaya untuk menjaga stabilitas politik agar tidak terganggu, apabila terganggu tentu berpengaruh bagi stabilitas politik di Riau," tutupnya.