Lebih Awet Dikonsumsi, Daging Sapi Rendang Nikmat Dijadikan Abon

Daging-sapi2.jpg
(Suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ada beragam resep untuk mengolah daging sapi kurban menjadi menu santap yang nikmat dikonsumsi bersama keluarga. Seperti di rendang, rawon, sup, atau digulai dan disate.

Akan tetapi, terkadang daging sapi kurban tidak selalu habis dimakan pada hari yang sama. Sehingga, kamu perlu mengolahnya agar lebih awet untuk dikonsumsi kembali pada waktu yang berbeda.

Resep yang dapat kamu coba untuk mengolah daging sapi menjadi makanan yang awet salah satunya adalah dengan dijadikan abon.

Berikut resep membuat abon dari daging sapi:

Pertama siapkan 250 gr daging sapi, 1 sdt ketumbar, 1 batang sereh, 1 ruas kunyit, 1 ruas lengkuas, 2 daun jeruk, 2 daun salam, 260 ml santan instan, 3 siung bawang putih, 5 buah bawang merah, 50 gr gula merah, Air dan garam secukupnya.


Cara membuat abon sapi:

1. Pertama rebus daging sapi di dalam panci dengan air.

2. Kemudian masukkan sereh dan daun salam dan tunggu hingga daging matang dan empuk.

3. Jika daging sapi sudah empuk, angkat kemudian tiriskan dan suwir-suwir hingga ukurannya sesuai dengan yang diinginkan

4. Selanjutnya, tumbuk daging sampai menjadi pipih, lalu suwir-suwir kembali agar lebih kecil dan teksturnya lebih halus.

5. Haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, dan ketumbar, kemudian tumis bumbu tadi hingga harum lalu masukkan daun jeruk.

6. Tuang air secukupnya dan masukkan gula merah yang telah diiris. Aduk rata.

7. Kemudian masukan daging sapi yang sudah disuwir dan aduk sampai merata dengan bumbu diikuti dengan santan dan garam,lalu tunggu sampai airnya hampir menyusut.

8. Kecilkan api kompor jika airnya sudah mengering.  Aduk terus sampai suwiran daging benar-benar kering.

9. Matikan api kompor dan tetap aduk sampai tidak beruap lagi. Bila teksturnya sudah sesuai keinginanmu, abon sapi pun siap disajikan.