5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Jerawat Makin Parah

Tips-menghilangkan-jerawat.jpg
(health.detik.com)

RIAU ONLINE - Jerawat hingga saat ini masih menjadi masalah yang banyak dikeluhkan kaum hawa. Selain mempengaruhi rasa percaya diri, merawat kulit berjerawat juga tidak mudah.

Tak cukup hanya membersihkan wajah, produk yang digunakan pun tidak boleh sembarangan.

Bukan cuma perawatan dan produknya yang harus diperhatikan, beberapa kebiasaan buruk teryata bisa membuat jerawat semakin parah. Apa saja?

1. Skincare terlalu berat

Dokter kulit bersertifikat di New York, David Kim, mengatakan penggunaan skin care yang terlalu berat atau berminyak bisa menyebabkan bahkan memperparah kondisi jerawat karena adanya pori-pori tersumbat.

Adapun kandungna skin care yang dianggap berat adalah shea butter, cocoa butter, petroleum, hingga mineral oil, sebagaimana dilansir dari kumparan, Minggu, 2 Juni 2024.


2. Tak mandi usai olahraga

Keringat yang berlebih ternyata dapat menumpuk minyak, kotoran, dan bakteri pada kulit, hingga memicu timbulnya jerawat. Jadi, buat kamu yang senang berolahraga, jangan malas mandi, ya.

3. Malas hapus makeup

Kosmetik bisa menyumbat pori-pori. Maka bila kamu tak menghapus makeup, bisa memicu kondisi jerawat makin banyak dan meradang. Untuk itu, jangan pernah malas untuk bersihkan makeup sampai tuntas sebelum tidur.

4. Face scrub terlalu keras

Memakai face scrub bisa mengiritasi kulit wajah karena teksturnya yang terlalu kasar. Nah, buat kamu yang tengah memiliki jerawat di wajah, kondisinya akan semakin parah dengan adanya iritasi. Lebih baik, gunakanlah produk eksfoliasi kimia seperti AHA, BHA, dan PHA karena bisa jauh lebih gentle.

5. Sering ganti skin care

Gonta-ganti skin care memang menyenangkan. Tapi ternyata itu bisa memperparah kondisi jerawat. Selalu ingat bahwa wajah perlu penyesuaian saat kamu mencoba skin care. Jika kamu selalu mengganti dalam jangka waktu yang dekat, maka bisa membuat kulit iritasi, muncul jerawat, bahkan sampai memperparahnya.