Sore Ini Dilantik jadi Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Belum Pernah Tugas di Riau?

Risnandar-Mahiwa3.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto bakal melantik Pj Wali Kota Pekanbaru sore ini, Rabu 22 Mei 2022. Pelantikan dilakukan usai Pj Gubri menerima salinan putusan SK pengangkatan Pj Wako dari Pemerintah Pusat.

"Salinan SK sudah diterima. Nanti sore sekitar pukul 17.00 WIB, pelantikan Pj Wali Kota Pekanbaru akan dilakukan di Gedung Daerah," ujar Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.

Sosok yang bakal dilantik yakni Risnandar Mahiwa yang merupakan pejabat eselon II Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Risnandar bakal menjabat sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru hingga Pilkada 2024 mendatang.

Nama Risnandar Mahiwa bukanlah yang diusung oleh Pemprov Riau maupun DPRD Pekanbaru. Namun, ia diklaim sebagai orang pertama yang menjadi Pj kepala daerah di Riau dari luar pejabat Pemprov Riau.


Risnandar Mahiwa merupakan Direktur Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) sekaligus menjabat sebagai Plh Sekretaris Ditjen Politik dan PUM Kemendagri. Ia disebut belum pernah bertugas di Riau, khususnya Pekanbaru.

Meski begitu, pria kelahiran Luwuk, Sulawesi Tengah bakal menggantikan Muflihun sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru yang masa baktinya berakhir hari ini, Rabu 22 Mei 2024.

"SK saya itu terhitung 23 Mei 2023 sampai 22 Mei 2024, tentu besok. Kita tunggu saja dari pusat siapakah yang jadi Pj, pokoknya siapa pun yang menjadi Pj di kota ini harus kita support," ujarnya, Selasa 21 Mei 2024.

Muflihun berharap kepada Pj Wali Kota Pekanbaru bisa tetap mempertahankan program pemerintah. 

"Kalau bisa program Pemerintah Kota Pekanbaru yang cukup baik untuk masyarakat terus dipertahankan," harapnya.