Pj Gubri Bakal Lantik Risnandar Mahiwa jadi Pj Wali Kota Pekanbaru Sore Ini

Risnandar-Mahiwa.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto, akan melantik Pj Wali Kota Pekanbaru di Gedung Daerah Gubernur Riau, pada pukul 17.00 WIB, Rabu, 22 Mei 2024.

Calon Pj Wali Kota Pekanbaru yang bakal dilantik adalah Risnandar Mahiwa yang merupakan pejabat eselon II di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Risnandar juga menjabat sebagai Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

"Nanti sore sekitar pukul 17.00 WIB, pelantikan Pj Wali Kota Pekanbaru akan dilakukan di Gedung Daerah," ujar Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.

Nama Risnandar Mahiwa yang menjabat sebagai Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri disebut-sebut bakal menjadi Calon Pj Wali Kota Pekanbaru menggantikan Muflihun yang telah habis masa jabatannya pada 22 Mei 2024 mendatang. 

Meski demikian, Pemprov Riau menyebut pihaknya belum bisa mengkonfirmasi kebenaran informasi tersebut karena SK Kemendagri terkait penunjukan Pj Wali Kota Pekanbaru sedang di jemput dan belum sampai ke Provinsi Riau. 

"Belum tahu kita, SK belum sampai," ujar Kepala Biro Tapem Pemprov Riau, Jhon Pinem, Selasa, 21 Mei 2024.

Meski demikian, sebelumnya Pj Gubernur Provinsi Riau, SF Hariyanto membenarkan bahwa calon Pj Wali Kota Pekanbaru akan dijabat oleh pejabat eselon II di Kemendagri.


"Kita sedang menjemput SK Kemendagri dari pusat, belum sampai. Pj Walikota Pekanbaru orang dari kementerian (Kemendagri) eselon II, tapi kita belum tahu siapa namanya," jelasnya.

Risnandar Mahiwa merupakan Magister Administrasi Pemerintahan Daerah Institut Pemerintahan Dalam Negeri pada tahun 2009. Adapun beberapa jabatan yang pernah ia emban, diantaranya:

1. Plt Direktur Organisasi Kemasyarakatan (2021-2022)

2. Kepala Bagian Umum Sekretariat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2018 s.d. sekarang)

3. Kepala Bagian Perencanaan Sekretariat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2016-2018)

4. Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran dan Program Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2014-2016)

5. Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran dan Program Bagian Perencanaan Sekretariat

6. Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (2012-2014)

7. Lurah Soho Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (2009).