Ingin Penghasilan Tambahan? Inilah Rekomendasi 10 Situs Freelance Terbaik

Lowongan-kerja.jpg

RIAU ONLINE - Teknologi semakin canggih membuat orang bekerja tidak harus dari kantor. Dengan kemajuan teknologi seseorang bisa mengerjakan tugasnya dari mana saja. Hal ini membuka banyak kesempatan kerja bagi freelancer.

Apalagi sekarang ini banyak situs lowongan kerja yang memudahkan dalam pencarian informasi lowongan pekerjaan. Tak hanya itu, situs khusus untuk para pekerja freelance pun kini banyak bermunculan.

Website loker freelance memudahkan kamu untuk membangun portofolio pengalaman kerja. sehingga kamu memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan dari banyaknya pekerjaan yang pernah kamu garap.

Di sisi pemberi kerja, dengan adanya situs freelance tersebut memungkinkan mereka untuk menemukan bakat yang tepat dengan cepat dan efisien, serta menawarkan kontrol yang lebih besar atas biaya proyek.

Daftar 10 Rekomendasi Situs Freelance Terbaik

1. OLX
OLX dikenal sebagai situs jual beli barang bekas yang terkenal di Indonesia. Meski demikian, OLX juga memiliki fitur informasi lowongan kerja yang sudah banyak dimanfaatkan oleh pencari maupun pemberi kerja.

Bahkan dari data terdapat sekitar 40.000 lowongan di OLX. Namun lowongan kerja di OLX sedikit berbeda dibandingkan dengan situs lainnya. Hal ini karena sebagian besar lowongan di OLX untuk tenaga jasa, freelance yang informal dibandingkan dengan lowongan kerja professional.

Pada tahun 2016 pernah tercatat 150.000 iklan selama kuartal pertama. Dari sana terdapat 21.000 iklan yang laku atau naik 42%.

Untuk kamu yang ingin mencobanya, maka kamu cukup menuliskan kata kunci di kolom pencarian, kemudian kamu enter dan muncul banyak informasi pekerjaan full time maupun freelance. Selanjutnya kamu tinggal memilih pekerjaan apa yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

2. Fastwork
Situs freelance Fastwork didirikan pada tahun 2015 di New York. Bahkan saat ini platform tersebut semakin melebarkan pasarnya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Situs ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna, dengan fokus pada proyek-proyek yang berkaitan dengan teknologi digital, seperti desain grafis, pengembangan perangkat lunak, dan perencanaan perjalanan.

3. Freelance
Freelancer adalah platform freelance yang menawarkan berbagai jenis pekerjaan, mulai dari pemrograman dan desain hingga penulisan dan pemasaran. Situs ini memiliki lebih dari 50 juta pengguna terdaftar dari seluruh dunia, dengan lebih dari 12 juta proyek yang telah diselesaikan.


Salah satu keunggulan Freelancer adalah kemampuannya untuk menjangkau klien global. Kamu dapat menawarkan jasa ke seluruh dunia dan bersaing dengan freelancer lain dari berbagai negara.

4. Glints
Glints merupakan aplikasi terkemuka untuk mencari pekerjaan freelance. Ya, melalui platform Glints kamu tidak hanya akan menemukan pekerjaan penuh waktu, tetapi juga pekerjaan magang, paruh waktu, dan freelance.

Untuk mencari pekerjaan freelance di situs ini juga sederhana, kamu cukup ketik di kolom pencarian kerja yang kamu minati. Kemudian akan muncul berbagai jenis pekerjaan baik itu full time, part time, atau pekerjaan berdasarkan proyek, yang bisa disesuaikan dengan jadwal.

Kamu cukup mengetik freelancer, maka akan muncul opsi pekerjaan yang menawarkan kerjasama untuk bekerja freelance.

5. Projects
Projects merupakan website khusus freelancer terkenal di Indonesia. Platform ini khusus menyediakan berbagai pekerjaan freelance. Banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan, seperti dibidang teknologi, pembuatan website, aplikasi, desain logo, penerjemahan, hingga penulisan artikel.

Tak hanya dalam situs ini kamu bisa menggunakan program Affiliate Referral, di mana kamu bisa mendapatkan bonus jika mengajak orang lain bergabung. Ketika kamu membuka situs ini kamu akan mendapatkan website yang sederhana dan mudah digunakan.

Selain itu, di situs Projects kamu bisa memiliki peluang untuk menjual produk digital sendiri dan ada juga program afiliasi yang menguntungkan tentunya semua hal ini tidak bisa kamu temukan pada situs loker freelance lainnya.

6. Freelance Writing Gigs
Situs Freelance Writing Gigs hadir untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan freelance di bidang kepenulisan. Kamu bisa belajar, mengembangkan keterampilan kamu dan melakukan diskusi terkait keahlian dan pekerjaan di website ini.

Jadi tidak hanya sekedar memberikan jasa, para pemula juga bisa belajar bagaimana menjadi penulis yang baik dan sukses. Kamu dapat mencari dan menemukan berbagai pekerjaan seperti menulis, membuat konten online, mengedit, blogging, dan menerbitkan di situs web ini.

7. Upwork
Upwork merupakan situs freelance terbesar dan terkenal di dunia. Platform ini menawarkan akses ke berbagai jenis pekerjaan, mulai dari pengembangan web dan desain grafis hingga penulisan konten dan administrasi virtual.

Upwork memiliki sistem penilaian dan ulasan yang kuat, memungkinkan klien untuk menemukan freelancer yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Salah satu keunggulan Upwork adalah kemudahan dalam mencari pekerjaan. Kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian canggih untuk menemukan proyek yang cocok dengan keahlian. Namun, persaingan di Upwork juga cukup ketat, sehingga harus memastikan profil kamu menonjol dan menarik bagi klien potensial.

8. TopTal
Toptal adalah platform freelance yang sangat selektif, hanya menerima freelancer terbaik di bidang teknologi, desain, dan manajemen. Platform ini menawarkan akses ke perusahaan besar.

Sebagai freelancer di Toptal, kamu akan melalui proses seleksi yang komprehensif, termasuk tes kemampuan, wawancara, dan penilaian oleh tim ahli. Setelah lolos seleksi, kamu akan memiliki akses ke proyek-proyek berkualitas tinggi dari klien terkemuka di seluruh dunia.

Keunggulan Toptal adalah fokusnya pada kualitas dan keahlian. Platform ini menawarkan tarif yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform freelance lainnya, tetapi juga menjamin kualitas pekerjaan yang dilakukan oleh freelancer terpilih.

9. Sribulancer
Situs freelance ini sangat popular di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan USD jika bekerja di situs ini. Pembayaran dilakukan melalui transfer bank, kartu kredit dan Paypal.

Kamu bisa mendapatkan banyak pekerjaan mulai dari desainer grafis, penerjemah hingga penulis naskah. Sribulancer lengkap dengan petunjuk layanannya sehingga sangat cocok bagi para freelancer yang baru pertama kali bergabung di Sribulancer.

Sistem menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Situs freelance ini telah menampung puluhan ribu freelancer, serta klien dari banyak perusahaan ternama.

10. ProZ
Untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa yang baik dan tulis menulis, maka website freelancer berikut ini cocok untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan freelance sebagai penerjemah. Selain itu, ProZ juga memberikan peluang pekerjaan freelance yang berhubungan dengan penulisan konten.

Untuk kamu yang ingin menjadi freelance pada platform ini memang memiliki persaingan yang ketat. Karena kualitas artikelnya sangat spesifik, meski demikian, banyak peluang pekerjaan yang bisa kamu dapatkan sebagai freelancer.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan situs lowongan kerja freelance yang bisa kamu jadikan referensi. Sehingga bisa mengasah keahlian kamu dan tentunya bisa meningkatkan pendapatan finansial kamu. selamat mencoba!