Nostalgia Generasi 90-an, Majalah Bobo 50 Tahun Temani Anak Indonesia

Majalah-Bobo-edisi-50-tahun.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siapa yang tidak kenal dengan majalah anak Bobo. Bobo adalah satu dari sekian banyak bacaan favorit anak-anak generasi 90-an yang sangat digemari. Kini, Bobo menjadi majalah legenda bagi generasi 90-an.

Majalah Bobo terbit pada 14 April 1973. Majalah ini awalnya diadaptasi dari majalah terbitan di Belanda dengan judul yang sama dan sudah terbit sejak 1968. Jadi kalau dihitung, tahun ini majalah Bobo genap berusia 50 tahun.

Lantas apa yang membuatnya bertahan?

Banyak yang mengira edisi cetak majalah terbitan Kompas Gramedia itu sudah berhenti diproduksi. Padahal, nyatanya majalah anak ini masih rutin terbit setiap pekan, tepatnya di hari Kamis.

Meski begitu, Editor In Chief Majalah Bobo, David Togatorop, menyebut memang ada tantangan nyata yang dihadapi penerbit di gempuran era digital saat ini.

Kini, Bobo kembali menerbitkan edisi spesial 50 tahun. Edisi spesial ini bahkan viral di media sosial.

Bobo dalam edisi spesial membuka pre-order hingga 23 Juli 2023. Lewat edisi koleksi terbatas yang terdiri dari 100 halaman dan berisikan 50 cerita menarik, Bobo mengajak generasi 90-an bernostalgia.

Selain cerita menarik disertai gambar dan ilmu bermanfaat, majalah Bobo ini banyak menghadirkan karakter khas.

Berikut Riauonline.co.id merangkum karakter yang ada di majalah Bobo serta keunikannya dikutip Jumat, 14 Juli 2023.

1. Keluarga Bobo

Bobo merupakan contoh teladan bagi anak-anak karena memiliki karakter yang baik hati, pintar, dan selalu berbuat kebaikan.

Bobo memiliki keluarga lengkap yang juga memiliki watak yang khas dan unik. Ia memiliki ayah dan ibu yang sangat bijaksana dan dua orang adik bernama Coreng dan Upik yang polos dan terkadang berbuat iseng.


Selain itu, Bobo pun memiliki paman bernama Paman Gembul, Bibi Teliti, dan sepupu-sepupu yang kesemuanya memiliki karakter khas masing-masing.

2. Oki dan Nirmala

Berkisah tentang negeri dongeng, Oki yang seorang kurcaci dengan kostum serba hijau yang bersahabat dengan peri cantik bernama Nirmala. Nirmala memiliki sebuah tongkat ajaib yang bisa digunakan untuk menciptakan keajaiban namun dengan tujuan kebaikan

Di dalam negeri dongeng tersebut, ada pula Ratu Bidadari yang sangat bijaksana menentukan keadilan bagi seluruh penghuni di negeri Dongeng.

3. Paman Kikuk, Husin, dan Asta

Husin merupakan seorang anak yang memiliki anjing bernama Asta dan seorang paman bernama Paman Kikuk.

Dalam kesehariannya, Paman Kikuk kerap bertindak kurang bijaksana dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak semestinya.

Bersama Asta, Husin selalu menjadi penyelesai masalah saat ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Dan Paman Kikuk karena kurang bijaksana selalu tertimpa kesialan.

4. Bona dan Rongrong

Bona adalah seekor gajah imut berwarna pink yang memiliki belalai multifungsi yang digunakan untuk berbagai hal dalam membantu orang lain.

Dalam kesehariannya, Bona memiliki seorang teman bernama Rongrong, seekor kucing kecil yang selalu saja memiliki masalah dengan hidupnya.

Bona dan Rongrong selalu membantu orang lain yang mengalami kesulitan dengan belalai panjangnya yang fleksibel.

5. Sirik dan Juwita

Kisah tentang kejahatan yang selalu dikalahkan oleh kebaikan tersaji dalam komik berjudul Sirik dan Juwita. Sirik merupakan seorang nenek sihir dengan topi dan hidung lancip dengan wajah yang menyeramkan.

Sementara Juwita merupakan peri baik hati yang selalu menghalangi perbuatan jahat Sirik kepada orang-orang. Berkat adanya Juwita, segala tingkah buruk Sirik selalu bisa dipatahkan oleh kebaikan peri Juwita.

6. Deni Si Manusia Ikan

Deni merupakan seorang anak laki-laki yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Di sana, ia bertahan hidup dengan cara belajar bernafas di dalam air dan berkomunikasi dengan makhluk air lainnya.

Deni sendiri memiliki insang dan selaput di tangan dan kakinya yang menyebabkan ia bisa berenang dan bernafas di dalam air layaknya ikan.

Dalam pengembaraan mencari orangtuanya, Deni menemukan masalah-masalah dan menjadi penolong dengan memanfaatkan kelebihannya yang bisa bernafas di dalam air.

Yang menjadi masalah ketika berada di darat terlalu lama, Deni akan lemas dan harus bisa menemukan air untuk mengembalikan kekuatannya.

Jadi, mana nih karakter dan jalan cerita di majalah Bobo yang paling kamu sukai dan masih diingat hingga sekarang? Ayo Pre Order majalahnya secara online dari sekarang.