UIR Apresiasi Kreativitas Media Mahasiswa AKLaMASI dalam Sekola Festival

UIR-Apresiasi-Kreativitas-Media-Mahasiswa-AKLaMASI-dalam-Sekola-Festival.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Universitas Islam Riau (UIR) mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Media Mahasiswa AKLaMASI. Kegiatan jurnalistik dikemas dalam Seloka Festival 2024.

Ada berbagai rangkaian kegiatan seperti talk show, bedah buku, pelatihan broadcasting, hingga perlombaan. Seloka Festival menarik minat para anak muda, mulai jenjang siswa hingga mahasiswa untuk mengikuti lomba cipta puisi, menulis cerita pendek (cerpen) dan fotografi.

"Ini bagus karena kegiatan yang ditaja menunjukkan kualitas mahasiswa. Ada talk show dengan isu kekinian, ada juga pelatihan broadcasting, dan berbagai perlombaan yang tentunya bermanfaat untuk mahasiswa," ujar Direktur Direktorat Layanan Mahasiswa dan Alumni (DLMA), Kurnia Hastuti dalam sambutannya di malam penghargaan, Jumat 25 Oktober 2024.

Sebagai pihak yang menaungi kemahasiswaan serta alumni, Kurnia Hastuti berharap kegiatan mahasiswa bisa berkontribusi untuk kemajuan kampus hijau ini.

Apalagi baru-baru ini, UIR mendapatkan akreditasi Perguruan Tinggi (PT) Unggul. UIR menjadi kampus pertama di Riau yang mendapatkan akreditasi unggul.


"Di seluruh Indonesia, PT yang unggul itu cuma tiga persen saja, jadi belum banyak. Kita patut berbangga karena di Riau baru UIR. Di Sumatera kita yang kedua setelah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara," ujar Kurnia Hastuti.

Dirinya menyadari pencapaian tersebut berkat kerjasama seluruh pihak. Menurutnya, akreditasi unggul tersebut perlu diketahui oleh mahasiswa dan alumni. Itu tidak cukup hanya kinerja pendidikan di dalamnya tapi juga kinerja kemahasiswaan.

"Maka dari itu kami sangat berharap organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkungan UIR semua berkontribusi. Kita akan bersama-sama ke depan, karena unggul ini harus dipertahankan," ulasnya.

Lebih lanjut Kurnia Hastuti menilai bahwa AKLaMASI berkontribusi untuk pencapaian tersebut karena menjadi wadah kreativitas mahasiswa dalam kegiatan di luar kelas.

"Kita semua tahu bahwa hanya berapa persen yang diberikan di ruang kuliah, selain itu pengalaman di luar. Nah AKLaMASI berkontribusi untuk itu," sebutnya.

"Mewakili Pimpinan UIR, saya menyampaikan tahniah atas ulang tahun ke 31 AKLaMASI. Serta tahniah atas keberhasilan melaksanakan Seloka Festival. Semoga Seloka Festival bisa menjadi kegiatan rutin AKLaMASI setiap tahun dan tentu dengan pengembangan di berbagai kegiatan yang lain," tambahnya.