HUT ke 31 Media Mahasiswa AKLaMASI UIR Sukses Taja Seloka Festival

HUT-ke-31-Media-Mahasiswa-AKLaMASI-UIR-Sukses-Taja-Seloka-Festival.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Media Mahasiswa AKLaMASI Universitas Islam Riau (UIR) sukses melaksanakan rangkaian kegiatan festival jurnalistik "Sekola Festival" yang mengangkat tema "Provide a Forum for Public Criticism and Compromise."

Kegiatan yang bergulir mulai Juli 2024 tersebut diselenggarakan dengan serangkaian acara dalam bentuk ajang perlombaan, talk show, bedah buku, pelatihan broadcasting, hingga malam penghargaan pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Seloka Festival menarik minat para anak muda, mulai jenjang siswa hingga mahasiswa. Para peserta antusias mengikuti berbagai lomba seperti cipta puisi, menulis cerita pendek (cerpen) dan fotografi.

Malam penghargaan menjadi puncak dari rangkaian kegiatan yang berlangsung meriah. Kegiatan tersebut juga sempena peringatan HUT ke 31 Media Mahasiswa AKLaMASI UIR.

Pemimpin Umum Media Mahasiswa AKLaMASI periode 2023/2024, Tuni Dariyanti menyampaikan, Seloka Festival merupakan rangkaian persembahan Media Mahasiswa AKLaMASI UIR dalam menyambut usia 31 pada 16 Oktober 2024.

"Organisasi kita telah berusia 31 tahun. Mari kita jadikan momentum peringatan hari ulang tahun ini sebagai tonggak sejarah baru bagi organisasi kita. Mari terus berkarya, berinovasi, dan memberikan kontribusi yang positif bagi almamater, bangsa, dan negara," kata Tuni dalam sambutannya, Jumat 25 Oktober, malam.

Ia menyampaikan, rangkaian kegiatan Seloka Festival telah melalui musyawarah dan konsep matang dalam berbagai kegiatannya. Melalui proses seleksi oleh dewan juri yang kompeten, mereka pun mendapatkan finalis hingga para juara lomba.


"Kepada para juara, selamat atas prestasi yang telah diraih. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berkarya," ujarnya.

Rektor Universitas Islam Riau yang diwakili Direktur Direktorat Layanan Mahasiswa dan Alumni (DLMA), Kurnia Hastuti mengapresiasi kegiatan yang ditaja Media Mahasiswa AKLaMASI UIR.

"Kegiatan ini menunjukkan kualitas mahasiswa. Ada talkshow dengan isu kekinian, sehingga ini membantu mendidik mahasiswa. Ada juga pelatihan broadcasting, berbagai perlombaan yang tentunya bermanfaat untuk mahasiswa. Ini juga melibatkan siswa SMA, maka secara tidak langsung keterlibatan siswa tersebut membantu promosi UIR," paparnya.

Kurnia Hastuti berharap Seloka Festival bisa menjadi kegiatan rutin AKLaMASI setiap tahun. Ia menilai, Seloka Festival tahun selanjutnya bisa jauh lebih kaya kategori perlombaan dan diikuti oleh lebih banyak peserta.

"Sekali lagi, mewakili Pimpinan UIR, saya menyampaikan tahniah kepada atas ulang tahun ke 31 AKLaMASI. Serta tahniah atas keberhasilan melaksanakan Seloka Festival yang akhirnya bisa kita hadiri malam puncaknya. Saya berharap ini bisa menjadi kegiatan rutin, tentu dengan pengembangan di berbagai kegiatan yang lain," harapnya.

Alumni Media Mahasiswa AKLaMASI UIR, BE Lesmana turut memuji kegiatan inspiratif yang dikemas dalam Seloka Festival. Sebagai alumni yang sudah lama berkiprah di AKLaMASI, BE Lesmana juga menyampaikan terima kepada UIR atas dukungan selama ini.

"Kami berterima kasih sekali acara Seloka Festival ini menjadi ajang berkreasi siswa maupun mahasiswa. Ini tentunya tidak mudah bagi adik-adik membuat kegiatan yang luar biasa. Namun mereka berhasil membuktikan upayanya. Kami juga berterima kasih banyak kepada UIR, karena selama ini, mulai dari angkatan pertama sampai angkatan sekarang UIR selalu memberikan dukungan sangat besar kepada AKLaMASI," ujar BE Lesmana yang kini menjadi Konsultan Politik.

Malam puncak Seloka Festival juga dihadiri oleh Ketua Yayasan YLPI Riau, Direktur Utama PT. Riau Petroleum, KPID Riau, Ombudsman Riau, Radio SmartFM. Ada juga media partner yakni Bisnis Indonesia dan Riau Online.

Hadir pula para alumni Media Mahasiswa AKLaMASI UIR, narasumber talkshow, para juri, peserta lomba, mahasiswa dan organisasi mahasiswa di lingkungan UIR.