Seleksi Jabatan Eselon II Bergulir Jelang Pilkada 2024

Risnandar-Mahiwa-10.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seleksi jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru akhirnya bergulir. Adanya seleksi ini untuk mengisi posisi jabatan kepala dinas dan badan yang sudah lama kosong.

Pendaftaran assesment untuk mengisi jabatan empat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru telah dimulai sejak awal pekan ini dan dibuka hingga 4 November 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa mengingatkan para calon peserta seleksi jabatan eselon dua ini jangan sampai melakukan lobi kiri kanan. Mereka harus menjalani seleksi sesuai prosedur yang ada.

Seleksi jabatan ini mesti berjalan untuk mengisi kekosongan jabatan. Ia tidak ingin ada opini macam-macam karena seleksi berlangsung jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.   

"Ini jangan sampai tergiring opini. Ada yang bertanya kenapa pak pj tidak nunggu wali kota definitif? Nanti saya tanya balik, ini kan jabatannya sudah lama kosong, kenapa seleksi tidak dibuka. Maka harus dibuka seleksinya segera," paparnya, Jumat 25 Oktober 2024.


Dirinya menilai siapapun yang terpilih sebagai kepala daerah nanti tentu program dan layanan bagi masyarakat tetap berjalan. Seleksi sudah mendapat lampu hijau dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

"Ini murni dilakukan sesuai ketentuan berlaku, sehingga bisa terpilih kepala OPD terbaik dalam seleksi ini. Kita prioritaskan yang sudah lama kosong, agar bisa diisi pejabat definitif pada tahun 2025 nanti," ujarnya.

Dirinya menyebut, proses seleksi jabatan bisa segera dilakukan. Ia tidak ingin pelayanan di OPD itu terganggu karena belum adanya pejabat definitif hingga tahun depan.

"Program kita di tahun depan berjalan, tentu perlu diisi pejabat definitif. Jangan ada lagi jabatan yang kosong," tambahnya.

Adapun empat jabatan tersebut di antaranya, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru, DLHK Kota Pekanbaru dan Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru.