Pemko Siapkan Skema Program Makan Siang Bergizi Gratis

Pj-Wako-Pekanbaru-Risnandar3.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru tengah menyiapkan berbagai skema terkait program unggulan Presiden RI, Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming. Program tersebut yakni makan siang bergizi gratis bagi siswa di sekolah.

Ada sejumlah skema yang dipersiapkan untuk mendukung program ini. Satu di antaranya menyiapkan dapur umum yang jaraknya tidak terlalu jauh dari sekolah.

"Harus dipastikan, makanan datang tepat waktu. Kalau bisa kita berdayakan UMKM atau masyarakat sekitar sekolah menyiapkannya," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, Jumat 25 Oktober 2024.

Menurutnya, ada rencana pemerintah kota bakal berkoordinasi dengan kementerian terkait perihal program tersebut. Adanya simulasi ini sebagai persiapan jelang penerapan program prioritas Presiden RI.


"Kita sedang persiapkan bahan paparan tentang pelaksanaan simulasi makan siang bergizi gratis. Nantinya kita akan sampaikan masukan selama proses simulasi agar program bisa optimal," paparnya. 

Risnandar mengaku sudah melakukan evaluasi terkait SOP simulasi program tersebut. pemerintah kota sudah beberapa kali menggelar simulasi makan siang bergizi gratis.

"Intinya kita bakal mengikuti juknis yang ada, Kota Pekanbaru siap melaksanakan, setelah melakukan beberapa kali simulasi," ulasnya.

Simulasi program makan siang bergizi gratis sudah berlangsung tiga kali di Kota Pekanbaru. Awalnya simulasi berlangsung di SDN 99 Pekanbaru dan SDN 139 pada 2 September 2024 lalu. 

Kemudian pada 12 September 2024 yakni di SDN 63 Pekanbaru dan SMPN 32 Pekanbaru. Simulasi ketiga berlangsung di SDN 185 Pekanbaru dan SMPN 49 Pekanbaru pada 2 Oktober 2024.