Polda Riau Edukasi Masyarakat Tertib Berlalu Lintas Lewat Operasi Zebra Lancang Kuning

Polda-Riau-Edukasi-Masyarakat-Tertib-Berlalu-Lintas-Lewat-Operasi-Zebra-Lancang-Kuning.jpg
(Dok. Ditlantas Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -Tim Satgas Preemtif Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 terus melaksanakan kampanye keselamatan lalu lintas dengan kegiatan edukasi kepada masyarakat dan pengendara. 

Kegiatan hari ke sepuluh ini berlangsung di dua lokasi strategis, yaitu di bawah Fly Over Jembatan Siak IV dan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kacang Mayang.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau, Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat,  menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, terutama menjelang pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Riau 2024. 

“Kampanye keselamatan ini akan terus digelar dengan harapan Ditlantas Polda Riau dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan mewujudkan suasana Pilkada yang aman dan berkeselamatan," ujar Kombes Taufiq, Rabu, 23 Oktober 2024.

Kombes Taufiq menekankan perlunya masyarakat dan pengguna jalan untuk meningkatkan kesadaran dalam berkendara dan meminimalkan pelanggaran. 


“Kita berharap masyarakat selalu mematuhi aturan berlalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Mari kita semua menjadi pelopor keselamatan di jalan raya,” tambahnya.

Di lapangan Ditlantas membagikan brosur himbauan kepada pengendara dan masyarakat yang dipimpin oleh Iptu Riza.

Tim Satgas Preemtif, menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya fokus pada edukasi lalu lintas, tetapi juga mengingatkan masyarakat untuk aktif dalam memberikan hak suaranya dalam Pilkada mendatang.

“Kami mengajak masyarakat untuk tidak golput dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang tidak jelas kebenarannya. Mari kita jaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta keselamatan berlalu lintas secara berkesinambungan," pungkasnya.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut berjalan dengan tertib dan aman. Selain memberikan informasi terkait keselamatan lalu lintas, tim juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga situasi kondusif di wilayah Riau.

Dengan serangkaian inisiatif ini, diharapkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas dapat meningkat, serta menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman, terutama menjelang periode pemilihan yang sensitif.