Waspadai, Ancaman Banjir di Aliran Sungai Kota Pekanbaru

Banjir-di-jalan-cipta-karya.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warga Kota Pekanbaru di sekitar aliran sungai diimbau agar mewaspadai ancaman banjir. Kewaspadaan ini seiring perubahan cuaca yang cukup ekstrem jelang akhir Oktober 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra menyampaikan, hujan disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di Kota Pekanbaru.

"Kami imbau agar kesiapsiagaan dari dampak banjir, terutama di aliran Sungai Sail dan Sungai Siak," kata Zarman, Selasa 22 Oktober 2024.

Ia menjelaskan, jalanan yang rawan banjir juga menjadi perhatian. Pihaknya pun berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pengerukan di kawasan rawan banjir.


Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BMKG untuk Kota Pekanbaru. Ia menyebut kondisi cuaca saat ini sebagai satu dampak fenomena la nina sehingga pihaknya bakal mengambil langkah.

Sesuai prediksi BMKG pada bulan Oktober ini sudah masuk musim penghujan. Sedangkan puncak musim penghujan diprediksi berlangsung pada November mendatang.

Zarman menambahkan, intensitas hujan yang mengguyur yakni dari intensitas kecil hingga sedang. Ada juga hujan disertai angin kencang sehingga pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Walau sungai sudah dilakukan normalisasi, masyarakat harus tetap waspada," katanya.