Kapolres Rohul Tekankan Jajaran Netralitas Polri dalam Pilkada 2024

Kapolres-Rohul-Tekankan-Jajaran-Netralitas-Polri-dalam-Pilkada-2024.jpg
(Dok. Polres Rokan Hulu)

RIAU ONLINE, ROKAN HULU - Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono memimpin Apel Akbar Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Rokan Hulu (Rohul) serta sosialisasi Netralitas Polri pada Pilkada Serentak Tahun 2024,  di Convention Hall Islamic Center Pasir Pengaraian.

Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono menjelaskan dalam menghadapi Pilkada 2024, Kepolisian khususnya Polres Rohul telah melaksanakan langkah-langkah mewujudkan situasi yang aman, damai sejuk dan kondusif.

"Mari tingkatkan patroli di tempat-tempat keramaian, patroli dan pengamanan di tempat Objek Vital seperti di Kantor KPU, Bawaslu, Parpol dan Posko pemenangan," imbau AKBP Budi, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Lanjutnya, Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri di tengah Masyarakat dan basis deteksi dini terhadap potensi kerawanan yang berpotensi menjadi konflik sosial, termasuk potensi kerawanan selama tahapan Pilkada 2024.

"Tahapan pilkada saat ini yaitu massa Kampanye, yang berkemungkinan situasi politik di Kabupaten Rohul akan meningkat. Keadaan ini, apabila tidak diantisipasi dari sekarang maka akan berpeluang menimbulkan gesekan atau konflik yang tidak kita inginkan di tengah-tengah masyarakat."

Saya tekankan kembali kepada Intelijen dan Bhabinkamtibmas agar melaksanakan langkah-langkah deteksi dini dan tingkatkan Cooling System secara masif guna menyukseskan Pilkada Serentak 2024," tegas Kapolres.


 Pihaknya juga mengingatkan jajaran untuk mengantisipasi berita Hoax dan propaganda yang dapat mengganggu keamanan, ketentraman dan kerukunan masyarakat Rohul.

"Kami tekankan dan tegaskan kembali kepada seluruh Personil Polres Rohul Wajib menjaga netralitas, sehingga tercipta Pilkada yang aman, damai, berkualitas dan bermartabat," jelas AKBP Budi.

Polri tidak boleh terbawa arus pusaran politik, tetap pegang teguh amanah, dalam menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagai pelayan Masyarakat. 

"Laksanakan tugas secara optimal serta didasari dengan rasa tanggung jawab sehingga Pilkada Rohul  berjalan baik tanpa gangguan atau hambatan berarti dan Jalin sinergitas semua unsur pengamanan dalam mendukung pelaksanaan tugas serta senantiasa meningkatkan koordinasi dan komunikasi serta dalam bentuk apapun dapat segera terdeteksi secara dini," paparnya.

Kapolres Rokan Hulu memastikan akan menindak tegas setiap anggota yang melanggar aturan netralitas. 

Sanksi akan diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut dilaksanakan untuk memberikan jaminan pengamanan dan memastikan pemilu berjalan aman, damai dan bermartabat dan apabila terdapat Anggota Polri yang melanggar akan ditindak secara tegas sesuai ketentuan yang berlaku.

"Tetap semangat dan menjaga kesehatan, personil yang memiliki riwayat penyakit jantung agar tidak dilibatkan dalam OMP LK Tahun 2024. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin," pungkasnya.