Ditlantas Polda Riau Ajak Pengendara Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Berkendara

Ditlantas-Polda-Riau-Ajak-Pengendara-Tingkatkan-Keamanan-dan-Keselamatan-Berkendara.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau tak bosan-bosannya mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) pada Operasi Zebra Lancang Kuning (LK) 2024.

"Hari ini Sabtu Tanggal 19 Oktober 2024 merupakan hari kelima pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 yang kita laksanakan secara serentak seluruh Indonesia."

"Ditlantas maupun Satlantas Polresta jajaran Polda Riau tidak akan pernah bosan-bosannya menggelorakan himbauan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas," ujar Direktur Lalulintas, Kombes Taufiq Lukman Nurhidayat, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 tahun ini, bertepatan dengan suasana Pilkada Damai serta jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2024.

"Melalui pelaksanaan operasi ini, selain memberikan himbauan tata tertib berlalu lintas tim satgas Preemtif juga menyampaikan pesan kamtibmas dengan harapan masyarakat selain tertib berlalu lintas juga meningkatkan kamtibmas di lingkungannya," terang Taufiq.


Hal yang menarik saat di lokasi kegiatan, berbagai alat peraga juga digunakan saat pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2024, mulai dari Spanduk Himbauan, Brosur Himbauan serta Gimik-gimik yang bertuliskan pesan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas. 

"Alat peraga merupakan salah satu alat yang bisa memberikan informasi di saat Satgas Preemtif dilapangan, namun kita perkuat melalui himbauan kendaraan Penling Ditlantas serta brosur-brosur yang menyampaikan pesan tentang ajakan untuk selalu menjaga Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas," tambahnya.

Adapun tempat lokasi kegiatan yang dilaksanakan Tim Satgas Preemtif OPS Zebra LK 2024 tersebut sering terlihat di pusat perbelanjaan, Traffic Light di Jalan Protokol Kota Pekanbaru hingga Pasar. 

"Kegiatan Sosialisasi Kampanye Keselamatan ini tidak saja kita laksanakan di Pusat Keramaian, Traffic Light dan sebagainya, namun kita juga melaksanakan kegiatan Police Goes To School."

"Kita juga mengajak Generasi Z agar proaktif untuk menjadi pelopor keselamatan dan menjadi generasi yang tertib dalam berlalu lintas serta membantu kita untuk melawan informasi Hoax," pungkasnya.