Dinsos Tindaklanjuti Penemuan Bayi Dalam Kardus di Bukit Raya

Warga-Bukit-Raya-Digegerkan-Penemuan-Bayi-Dalam-Kardus-Di-Semak-semak.jpg
(Dok. Polsek Bukit Raya)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bayi perempuan berusia satu bulan ditemukan di dalam kardus di semak-semak Jalan Labersa, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Rabu, 16 Oktober 2024.

Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menindaklanjuti temuan bayi perempuan terlantar sudah mendapatkan laporan dari Pusat Kesehatan Masyarakat Simpang Tiga yang menerimanya dari Kepolisian Sektor Bukit Raya.

Kepala Dinsos Pekanbaru, Idrus mengatakan, bayi tersebut diperkirakan dilahirkan secara normal dan masih ditelusuri keberadaan orang tuanya.

"Jika tidak ditemukan, pihak kepolisian menerbitkan surat keterlantaran bayi. Kita menunggu hasil untuk mencari orang tua bayi dalam aturannya 3 x 24 jam atau bahkan seminggu," kata Idrus, dikutip dari ANTARA, Kamis, 17 Oktober 2024.


Jika dalam periode tersebut orang tua bayi tidak ditemukan, polsek membuat surat keterlantaran terhadap bayi itu. 

Selanjutnya polsek atau pihak puskesmas menyerahkan ke negara dan Dinsos Pekanbaru akan mengumumkan kepada masyarakat untuk mendapatkan orang tua asuh.

“Kita bekerja, mengumumkan siapa yang siap untuk menjadi calon orang tua asuhnya. Biasanya banyak peminatnya. Yang mengajukan permohonan untuk menjadi orang tua asuh, itu kita seleksi;" terangnya.

Syaratnya, kata dia, tidak punya anak dan layak dalam artian bayi tersebut tidak akan terlantar atau ekonominya mapan. Kemudian sang anak terjamin keselamatannya di tangannya, bisa saja sudah punya anak, namun dianggap cakap.

"Jadi intinya kita mencari orang tua yang mana kedepannya anak ini tidak akan terlantar lagi," sambungnya.