Parkir Pengunjung Masih Belum Tertib di Kawasan Kuliner Jalan Cut Nyak Dien

PKL-berjualan-kuliner-malam-di-Jalan-Cut-Nyak-Dien.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengunjung yang datang ke kawasan kuliner malam di Jalan Cut Nyak Dien masih banyak yang belum tertib saat memarkirkan kendaraannya. Kondisi tersebut menimbulkan masalah lalu lintas.

Pengunjung yang membawa sepeda motor masih memarkir kendaraannya dekat gerai kuliner, bukan di area parkir khusus yang tersedia. Seperti di belakang Komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) atau dekat Menara Bank Riau Kepri (BRK) Syariah.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru telah menerapkan rekayasa lalu lintas dan menyediakan kantong parkir yang memadai. Upaya tersebut untuk mengurangi kepadatan di kawasan kuliner malam.

"Untuk arus lalu lintas sudah kita coba rekayasa, kantong parkir juga sudah kita siapkan. Tarif parkir yang kita terapkan normal, sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso.


Jalur di Jalan Cut Nyak Dien yang merupakan kawasan kuliner sudah diatur menjadi satu arah. Hal ini bertujuan agar kendaraan, khususnya sepeda motor, dapat lebih tertib dan terhindar dari kemacetan.

Meski sudah diterapkan aturan satu arah dan disediakan kantong parkir, Yuliarso mengakui, sistem yang ada masih dalam tahap uji coba.

"Akses masuk sepeda motor hanya bisa dari Jalan Sudirman menuju Jalan Cut Nyak Dien. Kami tidak menampik, masih ada perubahan rekayasa lalu lintas dan kantong parkir yang perlu dilakukan," sebutnya.

Yuliarso juga menyadari, perlu waktu untuk sosialisasi yang lebih baik kepada masyarakat, terutama pengendara sepeda motor. Hal ini agar masyarakat lebih disiplin dalam mematuhi aturan parkir yang berlaku.

"Ini masih dalam tahap uji coba, kita masih terus evaluasi untuk melihat kekurangan yang ada dan memperbaikinya," tutupnya.