Pemprov Riau Minta Pemkab Rohil Segera Tetapkan Status Siaga Banjir

Ilustrasi-hujan-petir.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah wilayah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) masih terendam banjir, yang menggenang sejak beberapa hari lalu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengatakan, hujan  dengan intensitas tinggi juga masih akan terus terjadi karena Provinsi Riau memasuki musim penghujan. 

Oleh karenanya, kepada masyarakat, terutama yang bermukim di dekat bantaran sungai agar lebih waspada.

"Kami menerima laporan bahwa hujan mulai turun di beberapa wilayah dengan intensitas yang cukup tinggi. Ini kondisi yang perlu diwaspadai bersama," ujar Jim Ghafur selaku Kepala Bidang Penanggulangan BPBD Riau, Selasa, 14 Oktober 2024.


Selain itu, Jim mengatakan BPBD Riau telah mengimbau kepada Kabupaten Rohil yang sudah dilanda banjir agar segera menetapkan status Siaga Darurat Banjir. 

Sehingga penanggulangan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien melalui koordinasi bersama Pemkab dan Pemprov.

"Pemkab Rohil sudah berencana menetapkan status siaga banjir. SK-nya kemungkinan akan keluar pekan depan," jelasnya.

Ia menjelaskan, dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau, baru Kabupaten Rohil yang sudah melaporkan banjir di daerahnya. Oleh karenanya, setelah status siaga ditetapkan, bantuan logistik dan penanganan warga terdampak dapat langsung dilakukan. 

"Dengan status siaga, distribusi bantuan bisa lebih cepat, dan warga terdampak akan lebih mudah mendapat pertolongan," pungkasnya.