Nelayan Tewas Diterkam Buaya saat Cari Ikan di Sungai Rokan Rohil

Evakasi-korban-k-erumah-duka.jpg
(Dok. Polres Rohil)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang nelayan bernama Hariono bin Turut alias Undul (34) ditemukan meninggal dunia akibat diterkam buaya saat mencari ikan di aliran Sungai Rokan, Kepenghuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Selasa, 8 Oktober 2024.

Menurut data yang dirangkum RIAU ONLINE, hingga kini sudah tiga konflik manusia dengan buaya yang terjadi di Rohil.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 00.00 WIB, saat korban berangkat menuju sungai bersama adiknya, Amat Nasib, untuk mencari ikan. Korban kemudian bergabung dengan beberapa nelayan lain, termasuk Dedi Kurniawan (39), di perairan sungai tersebut.

"Saat itu, saksi Dedi Kurniawan dan beberapa nelayan lainnya melihat korban tidak ada lagi di sampan miliknya sekitar pukul 05.00 WIB," ujar Kapolres Rohil, AKBP Isa Imam Syahroni.

Saksi menduga korban diserang buaya.Sekitar pukul 06.00 WIB, Dedi dan beberapa nelayan lainnya menyaksikan korban ditarik seekor buaya ke tengah sungai. Meski buaya tersebut akhirnya melepaskan korban, upaya penyelamatan sudah terlambat.


"Saksi mencoba menarik korban ke atas sampan, tetapi nyawa korban tidak bisa diselamatkan," terang Isa.

Korban segera dievakuasi ke Tangkahan Jembatan Jumrah dan dibawa ke rumah duka menggunakan ambulans.

AKBP Isa menyebut korban mengalami luka gigitan di tangan, perut dan kaki, serta cakaran di wajah. 

"Tim sudah mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi," tambahnya.

"Kami mengimbau warga untuk lebih berhati-hati saat beraktivitas di sekitar perairan yang rawan buaya, terutama pada waktu malam dan dini hari," pungkas Kapolres.