Edukasi Pengendara di Tol Permai, Dirlantas Polda Riau Kampanye Keselamatan Lalu Lintas

Edukasi-Pengendara-di-Tol-Permai-Dirlantas-Polda-Riau-Kampanye-Keselamatan-Lalu-Lintas.jpg
(Dok. Ditlantas Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Membawa spanduk bertuliskan 'Istirahat bila ngantuk/lelah, dan Jangan ambil resiko', Ditlantas Polda Riau mengedukasi pengendara di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Kegiatan ini dilakukan Ditlantas Polda Riau untuk memberikan pesan penting agar masyarakat atau pengendara tertib berlalu lintas dan selamat dalam perjalanan.

Direktur Lalulintas, Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, Diwakili Kasubdit Regident, Kompol Fatikh Dedi Setyawan menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kampanye berlalu lintas untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas di Provinsi Riau. 

"Kami berharap, dengan adanya kampanye ini, angka fatalitas di jalan raya dapat ditekan," ujar Kompol Fatikh.

Kegiatan kampanye dimulai dengan sosialisasi dan pembagian brosur himbauan kepada pengendara yang melintas, baik dari arah Dumai ke Pekanbaru maupun sebaliknya. 

“Kami ingin mengingatkan pengendara agar selalu menggunakan sabuk pengaman, tidak melebihi batas kecepatan, dan jika mengantuk, sebaiknya istirahat di area yang telah disediakan,” tambahnya.


Selain memberikan himbauan keselamatan berkendara, kampanye ini juga mengedukasi masyarakat tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam konteks Pilkada Riau 2024. 

“Dalam suasana Pilkada, kami juga ingin mengingatkan pengendara untuk tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas kebenarannya. Pastikan untuk memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya," pungkasnya.

Dari sisi masyarakat, kegiatan ini mendapat sambutan positif. Seorang pengendara, Farel, yang datang bersama keluarganya dari Dumai, mengungkapkan, banyak informasi yang didapat dari petugas di lapangan.

“Kami sangat menghargai kegiatan ini. Banyak informasi berguna yang kami dapatkan dari petugas. Terima kasih kepada Polisi dan pihak terkait yang telah menyelenggarakan sosialisasi ini," ujar Farel.

Kegiatan kampanye keselamatan dan himbauan Kamtibmas ini diharapkan dapat menciptakan lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar serta mendukung pelaksanaan Pilkada Riau 2024 yang kondusif. 

Selama kegiatan berlangsung, situasi di Gerbang Tol Permai terpantau aman dan tertib, mencerminkan suksesnya kampanye yang digelar oleh Ditlantas Polda Riau.

Dengan komitmen yang kuat dari pihak berwenang dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan budaya tertib berlalu lintas di Provinsi Riau dapat terus ditingkatkan, mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keamanan dalam setiap perjalanan.